Inspiration

Muda, Gembira, Bersaudara! Cuplikan Penutupan Sakamuni Ini Menggemberikan dalam Kerukunan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Saya bersyukur boleh mengikuti Prasrawung yang diselenggarakan oleh OMK Rayon Kota Barat Utara Kevikepan Semarang (Sabtu, 15/9/2018) di Sukasari Katedral Semarang. Sungguh indah! Simak lampiran video ini. Hanya 3 menit, 3 detik saja!

Orisinil

Sebagaimana diterangkan oleh panitia, Sakamuni merupakan sebuah singkatan dari Srawung Kaum Muda Milenial. Sakamuni juga berasal dari dua kata dalam bahasa jawa yakni “saka” yang berarti “dari” dan “muni” yang berarti “bunyi/suara”. Definisi “bunyi/suara” menurut KBBI adalah sesuatu yang terdengar (didengar) atau ditangkap oleh telinga. “Sesuatu” itu sendiri diartikan sebagai isu-isu yang sedang beredar di negara kita saat ini, yaitu isu yang mengakibatkan timbulnya sekat-sekat pemisah persaudaraan dengan mengatasnamakan agama. Padahal Indonesia sendiri menjunjung tinggi persaudaraan dalam keberagaman dengan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika (berbeda-beda tapi tetap satu).

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sakamuni sendiri merupakan salah satu bentuk rangkaian kegiatan pre-event Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda dari Orang Muda Katolik Rayon Barat Utara Kevikepan Semarang, yang mengangkat konsep pertunjukan dengan kolaborasi konsep teatrikal, musiktari, serta film-videografi yang dikemas menjadi satu keutuhan cerita sebagai pembawa pesan multikulural yakni adanya keberagaman suku, agama, bahasa dan adat istiadat dengan tema “Srawung Kaum Muda Milenial”. Pertunjukan ini dikemas dengan konsep kolosal, pencahayaan yang memukau, dengan penampilan spesial dari kaum muda lintas agama di Kevikepan Semarang, dan pengucapan janji melalui closing statement yang akan diucapkan oleh seluruh peserta yang hadir sebagai puncak acara.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kegiatan Srawung Persaudaraan Sejati 2018 mempunyai beberapa tujuan dan manfaat bagi para kaum muda, sebagai berikut. Pertama, mengakrabkan dan menjalin persahabatan antar orang muda katolik se-Kevikepan Semarang dengan orang muda Lintas Iman. Adanya tampilan-tampilan seni dan acara kebersamaan menjadi sarana untuk semakin saling mengenal dan mendekatkan diri. Kedua, Orang Muda Katolik (OMK) semakin mau melayani dan melibatkan diri dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat yang penuh dengan keberagaman. Ketiga, meneguhkan semangat kebangsaan dan kebhinekaan di antara kaum muda. Keempat, mempromosikan nilai-nilai persaudaraan di antara para orang muda lintas agama dan aliran kepercayaan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Indah sekali. Bagaimana menurutmu? Beri komentar donk. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 16/9/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Sakamuni

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1901989326336354?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.