Inspiration

Spiritualitas Baskom dan Handuk; Seperti Apakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam konferensi atau puncta permemungan malam terakhir retret imamat Mistikus Horisontal bersama Romo L. Priyo Poedjiono SJ (Kamis, 18/10/2018), salah satu titik permenungan yang disampaikan adalah tentang teologi baskom dan handuk. Saya mengembangkan dan merenungkannya sebagai spiritualitas baskom dan handuk. Seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Spiritualitas ini berasal dari Yesus yang membasuh kaki para muridNya. Ia menggunakan baskom dan handuk untuk membasuh kaki para muridNya. Apa maknanya?

Pertama, pelayanan penuh kasih. Yesus memberikan pelayanan penuh kasih hingga rela membasuh kaki para muridNya laksana seorang hamba membasuh kaki tuannya.

Referensi pihak ketiga

Kedua, kerendahan hati. Yesus memberikan teladan kerendahan hati. Membasuh kaki adalah pekerjaan budak. Namun itu dilakukan Yesus terhadap para muridNya.

Dalam kedua makna itu, pelayanan dalam kerendahan hati terjadi. Ini bukan teori melainkan kenyataan sejati. Begitulah mestinya para imam dan pemimpin umat juga pemimpin masyarakat semestinya melayani umat dan masyarakat dalam kerendahan hati.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Yohanes 13:1-20 dan konferensi Rm L. Priyo Poedjiono SJ (Kamis 18/10/2018 17.00-18.00 WIB)

RR Gedanganak 19/10/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4434335347468514?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.