Inspiration

Bagaimana Bisa Jiwa Kurawa Menguasai Kita? Pilihlah Jadi Pandawa Kalau Begitu, Ini Caranya

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dai zaman dulu hingga entah kapan, kalau kita menonton pagelaran wayang, kita bahagia dan bangga berada di pihak Pandawa. Ketika peperangan terjadi, Pandawa melawan Kurawa, Pandawa selalu menang. Mengapa?

Referensi pihak ketiga

Pandawa adalah lambang kebaikan. Kurawa melambangkan kejahatan. Itu sudah pesan moral abadi yang tak akan pernah berubah, simbolisme kearifan lokal dari perspektif mana pun pagelaran ini diangkat.

Ketika harus memilih, maka normalnya orang memilih berpihak di kubu Pandawa. Memilih kebaikan adalah kemenangan dan kebanggaan. Tapi ini bukan soal perebutan kekuasaan.

Referensi pihak ketiga

Nah, anehnya bin ajaib pula, hari-hari ini, kita dikaburkan dalam menentukan keberpihakan antara kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan kebohongan, keadilan dan keserakahan. Inilah fenomena yang tergambar jelas di mata nurani kita hari ini. Tak sedikit di antara kita lebih memilih berjiwa Kurawa dari pada berjiwa Pandawa. Bahkan orang menjadi bangga berada di pihak arus “roh Kurawa” dari pada “Spirit Pandawa”.

Kalau sudah tahu bahwa Kurawa itu jahat, bohong, penuh tipu daya dan haus kekuasaan serakah tak adil, lalu mengapa tidak memilih berpihak pada Pandawa yang baik, jujur, sederhana, tidak menipu, dan bekerja untuk rakyat? Caranya bagaimana? Mudah saja. Jangan pernah ragu memilih kebaikan bukan kebohongan dan baper tipu daya. Jangan pernah berpihak pada penyebar hoax, penipu, pembohong janji palsu tanpa bukti. Itulah caranya.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga memberi inspirasi. Salam peradaban kasih. Salam hormat dan doa.***

JoharT Wurlirang, 6/1/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3441360873864031?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.