Inspiration

Bagaimana Kisah Selanjutnya? Inspirasi Lelaki Pemburu Peradaban Kasih

Halo Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Teringat dengan jelas dan tegas malam itu, ketika lelaki pemburu peradaban kasih itu tiba-tiba termangu, sedikit ragu, tetapi lalu melangkah maju dengan haru! Mengapa? Inilah penyebabnya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Tiba-tiba, ia mendapat kabar dari Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Nasional bahwa dirinya terpilih sebagai sosok yang mendapatkan Penghargaan Kebudayaan dari lembaga itu. Termangu dan ragu, sebab dirinya merasa tidak layak dan pantas menerima penghargaan itu.

“Selama ini kami memantau dan mencermati, ada begitu banyak gerakan seni dan budaya yang romo lakukan dengan mengangkat kearifan lokal dalam rangka menjaga NKRI dan merawat Pancasila dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika…” kata Pak Ketua, “… itulah sebabnya, kami merasa bahwa romo layak mendapatkannya. Apalagi konsistensi untuk itu terjaga dalam rentang satu dekade dengan berbagai gerakan di berbagai kota dan tempat dan melibatkan banyak pihak lintasagama, lintassuku, dan lintasbudaya.

“Ijinkan saya merenungkan dan mempertimbangkan dalam doa apakah saya harus menerima penghargaan ini atau tidak! Saya butuh waktu sembilan hari untuk novena dan berdoa. Nanti saya berikan jawabannya….” jawab lelaki itu.

Sementara sedang merenung dalam doa, tiba-tiba lelaki itu mendapat pesan melalui Whatsapp dari Pimpinan dan Gembalanya, “Romo, selamat dan proficiat ya mendapat penghargaan kebudayaan…”

“Waduh, Bapak Uskup. Saya malah belum mengambil keputusan apakah saya akan menerimanya atay tidak. Saya memang sudah diberitahu tejtang hal itu, namun saya sedang mempertimbangkan segala sesuatunya untuk itu….” jawab lelaki itu.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pada hari kesembilan, lelaki itu memberikan jawaban kepada pihak terkait, “Kalau memang hal ini sesuai dengan kehendak Tuhan dan berguna bagi pelayanan banyak orang, baiklah, saya menerima penghargaan kebudayaan ini sebagai anugerah dan rahmat. Namun, mohon maaf, saya hanya bisa menerima dan mensyukuri segala sesuatunya sesuai dengan keterbatasan saya.”

Begitulah pada akhirnya, pada kesempatan pembukaan Panorama Mural Pancasila dan Merti Bumi NKRI, 1 Juni 2018, lelaki itu menerima Penghargaan Kebudayaan dari Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia itu di padepokan psstoran di JoharT Wurlirang (Johannes Maria Tinjomoyo Dhuwur Kaligarang). Lelaki itu menerima Piagam dan Lencana Penghargaan Kebudayaan sebagai pembina seni budaya dan kearifan lokal. Piagam itu ditandatangani empat promotor yakni Drs. Totok Sudarwoto sebagai Ketua Umum, Karsono Mohammad sebagai Sekretaris Jenderal dan diketahui oleh Dewan Penasihat LKNI-Pusat yakni Heru Kusdwihandoko dan Prof Dr M Agus Burhan, M.Hum, Rektor ISI Yogyakarta.

Begitulah, kendati merasa tidak layak dan pantas menerimanya, toh penghargaan kebudayaan itu diberikan juga oleh pihak-pihak terkait. Betapa pun, lelaki itu menerimanya dengan rasa syukur atas apresiasi yang diberikan oleh banyak pihak melalui LKNI kepadanya.

Sungguh, lelaki itu merasa tidak pantas dan layak menerimanya. Namun atas dasar rasa hormat atas apresiasi kepada para pihak yang mendukung, memrakarsai dan menjadi promotor peristiwa itu, lelaki itu menerimanya dalam segala kerendahan hati dan syukur semata. Harapannya, semoga semua itu berguna bagi pelayanannya kepada Gereja, Masyarakat dan Bangsa Indonesia. 

Menyadari semua itu di malam peralihan 2018 ke 2019, lelaki itu bertekad maju dalam menghadirkan peradaban kasih melalui seni dan budaya bersama siapa saja dan di mana saja. Hanya itu harapan dan doanya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Angin berhembus kencang di samping jendela kamarnya. Daun-daun bambu bergesekan merdu di antara perdu. Suara-suara bunyi kembang api masih terdengar. Menyalakan semangat pelayanan dalam diri lelaki itu. (bersambung)

Otw Semarang-Yogyakarta, 24/1/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pengalaman pribadi dalam narasi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2882006114210494?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.