Inspiration

Bagaimanakah Sang Janji Menjadi Sang Pribadi? Inilah Jawabannya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah refleksi inspirasi di awal tahun baru 2019. Temanya adalah Sang Janji yang Menjadi Pribadi. Janji itu adalah janji keselamatan yang ditandai damai sejahtera atau perdamaian. Dalam tradisi Gereja Katolik, setiap awal tahun baru Masehi, hal itu direnungkan sebagai berikut.

Referensi pihak ketiga

Setiap tanggal 1 Januari, Gereja Katolik merayakan tiga hal. Pertama, tentu saja, perayaan syukur Tahun Baru Masehi. Ini penanda tahun baru secara universal Tahun Masehi yang titik tonggak historisnya ditempatkan pada Pribadi Sang Mesias, maka disebut Tahun Masehi.

Kedua, Hari Raya Maria Bunda (Putra) Allah. Putra Allah itu tak lain adalah Yesus Kristus. Maria mengandung dan melahirkan Yesus Kristus. Maka diberi gelar Maria Theotokos, yang melahirkan keilahian. Melalui Maria, Pribadi Sang Mesias menggenapi janji. Pemenuhan Janji yang mewujud dalam Pribadi (Sumber: www.catholic.org).

Ketiga, Hari Perdamaian Sedunia. Ini dimulai oleh Paus Paulus VI, 52 tahun silam. Maka 1 Januari 2019 adalah Hari Perdamaian Sedunia ke-52 menurut tradisi Gereja Katolik. Paus Fransiskus menyampaikan pesan untuk hari perdamaian dunia yang ke-52 dengan tema “Politik yang baik untuk melayani perdamaian”. Menurut Bapa Suci, perdamaian harus jadi proyek besar politik. Damai dimulai dengan damai terhadap diri sendiri, damai dengan sesama, dan dengan semua ciptaan. Dari ketiganya, lahirlah politik perdamaian (Sumber: vatican.va).

Selamat memasuki tahun baru 2019 dengan damai sejahtera bersama Sang Janji yang sudah menjadi Sang Pribadi dan tinggal di antara kita sekarang dan selama-lamanya. Amin.

JoharT Wurlirang, 1/1/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan www.vatican.va dan www.catholic.org

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3794773787846022?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.