Inspiration

Inilah Lima Inspirasi dan Jawabannya! Mengapa Harus Bingung Menghadapi Hoaks?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Belakangan ini hoaks memang sedemikian dahsyat menghantam dan menyerang ruang publik dan ruang hidup personal kita. Akibatnya, tak sedikit orang menjadi bingung bahkan resah. Namun, inilah inspirasi dan jawaban yang bisa menjadi pegangan kita dalan menghadapinya. Mari kita simak.

Referensi pihak ketiga

Ada lima prinsip inspirasi dan jawaban yang bisa dipegang untuk menghambat penyebaran hoaks.

Pertama, jadikan media sosial sebagai penyebar ide positif seperti yang saya lakukan ini.

Kedua, berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak dalan menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya dengan cara apa pun. Maka, janganlah mudah membagikan berita yang Anda terima.

Ketiga, cek dan cek ulang itu penting. Cek sumbernya, dari mana sumber berita yang Anda terima? Sumber itu bisa dipercaya atau tidak.

Referensi pihak ketiga

Keempat, bersikaplah sopan dan santun dalam menggunakan media sosial. Jangan asal asbun dan astik lalu asbag yakni asal bunyi, asal ketik lalu asal bagi doank. Itu bahaya Kawan!

Kelima, seiring dengan itu, janganlah bersikap emosional dalam menggunakan medsos. Tetap stay cool! Jangan mudah terpancing. Gunakan medsos dengan bijaksana, rendah hati, murah hati, penuh empati dan simpati. Karenanya, hindarilah dan jangan terpancing terlibat konflik provokatif.

Itulah lima hal inspirasi dalam menghadapi hoaks dan menggunakan medsos secara positif. Dijamin, medsos akan menjadi berkat bukan kutuk. Anda pun akan terberkati bukan terlaknati.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 8/1/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi tulisan Toto Sugiarto (Kompas, 7/1/2019, h. 6).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3013394075913282?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.