Inspiration

Kalau Bisa Bilang Terjadilah Padaku Menurut KehendakMu Mengapa Harus Melawan Lalu Menolak?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi bersikap taat melalui satu kata “Fiat!”. Apa artinya “Fiat” serta inspirasi yang bisa ditimba darinya? Inilah jawabannnya. Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Kata “fiat” berasal dari bahasa Latin yang berarti: terjadilah! Lengkapnya dalam tiga kata: Fiat voluntas tua! Artinya: terjadilah sesuai kehendakmu! Kalimat itu berasal dari seorang gadis Nazareth bernama Maria. Begini kisahnya.

Suatu hari, Maria didatangi Malaikat Gabriel. Malaikat Gabriel membawa pesan dari Allah bahwa ia akan mengandung dan melahirkan seorang Putra dan harus diberi nama Yesus. Padahal, Maria belum bersuami, baru bertunangan dengan Yosef. Ketika Malaikat bilang bahwa ia akan mengandung dari kuasa kasih Roh Kudus, Maria taat dan berkata, “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut kehendakmu!” kata Maria. Dalam bahasa Latin kalimat itu menjadi fiat voluntas tua! Itulah pesona fiat voluntas tua Maria. Fiat itu taat. Maria taat dengan pesona cinta menyambut Sang Putra dalam rahimnya. 

Referensi pihak ketiga

Jawaban Maria membawa sukacita bagi para malaikat di surga dan kebahagiaan bagi manusia yang bisa memahami dan mengimaninya. Maria, gadis remaja, berusia 14 atau 15 tahun, karena keterbukaannya terhadap rencana Allah, akan membantu mengubah jalannya sejarah dengan mengandung dan melahirkan Yesus.

Apa inspirasi dan motivasi bagi kita? Kita pun dipanggil untuk mengatakan “Fiat voluntas Tua” kepada Tuhan untuk membangun dan mewujudkan peradaban kasih dalam kehidupan kita bersama. Apa kontribusi kita untuk hal ini? 

Ya Allah, rencana besar keselamatanMu terjadi berkat “fiat” Maria, yakni kesanggupan untuk mengandung Yesus, Sang Putra! Ajarilah daku sanggup bersikap taat melaksanakan kehendakMu dalam hidupku, kini dan selamanya. Amin.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga memberi inspirasi. Terima kasih. Salam hormat dan doa. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 20/12/2018 

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Lukas 1:26-38

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2649450702034973?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.