Inspiration

Dahsyat! Kiai Ini Beri “Tausiyah” Pada Para Pastor, Para Pastor Pun Kusyuk Memperhatikan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Ini sungguh dahsyat! Seorang Kiai yakni Kiai Muhamad Hidayatullah atau akrab disapa Kiai Susilo Eko Pramono memberi “tausiyah” di hadapan dan kepada para Pastor Diosesan Keuskupan Agung Semarang. Bagaimana busa?

Orisinil

Ini terjadi untuk pertama kalinya seumur hidup saya selama 23 tahun sebagai Pastor Projo (Pr). Dalam rangka rekoleksi imam, kami para Pastor mendapat pencerahan dari seorang Kiai. Bukan dalam rangka ceramah atau studi atau diskusi, melainkan dalam rangka rekoleksi. Ini pun merupakan rekoleksi perdana di tahun 2019.

Kiai Sus, begitu beliau biasa disapa, memberikan tausiyah ini pada hari Selasa (12/3) di Pusat Pastoral Sanjaya Muntilan. Sedikitnya 87 Pastor dan seorang Uskup Emeritus yakni Mgr. Blasius, mendengarkan dengan kusyuk tausiyah yang disampaikan oleh Kiai Pendiri dan Pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga yang beralamat di Dukuh Karangasem, Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Salah satu yang disampaikan Kiai Sus adalah bahwa kita semua adalah saudara. Yahudi, Katolik (dan Kristen) dan Islam itu satu rumpun yang mengacu pada iman Abraham (Ibrahim). Nah, kalau kita saudara, maka marilah kita bangun dan jaga silaturahmi kita dalam sikap saling menghargai dan menghormati dalam kasih dan perdamaian.

Bahkan Kiai Sus membacakan Ayat Suci Alquran dari Surat al-Baqarah 62. Sebagaimana disampaikan Kiai Sus, Dalam surat al-Baqarah ayat 62, Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani, dan orang-orang SHabi’in, siapa saja di antara mereka yang (benar-benar) beriman kepada Allah dan hari Kemudian serta beramal saleh, maka untuk mereka pahala mereka di sisi Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran menimpa mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah antara lain yang disampaikan Kiai Sus di hadapan para Pastor dalam tausiyahnya. Sangat inspiratif dan memberi motivasi dalam rangka srawung demi peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Tuhan memberksti. Terima kasih. Salam peradaban kasih.***

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Repro Kamera Rm. Ari Promono Pr

Pusat Pastoral Sanjaya, 12/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pengalaman pribadi mengikuti rekoleksi imam yang diisnpirasi oleh Kiai Muhamad Hidayatullah atau akrab disapa Kiai Susilo Eko Pramono (12/3/2019) di Muntilan

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/532316014282019?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.