Inspiration

Diberi Roti Maryam, Pastor Ini Bersyukur, Pak Haji Tanya Ada Roti Yesus? Apa Inspirasinya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Sahabat peradaban kasih yang terkasih. Inilah kisah inspirasi dan motivasi menarik untuk direnungkan. Seperti apakah?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Pemotret Kang Ridho, pengarah ziarah kami

Kisah ini nyata. Kalau Anda berziarah ke Makam Sunan Ampel, Anda akan menjumpai penjual Roti Maryam di tepi jalan. Nah, kisah ini nyata, terrjadi di sela-sela ziarah kebangsaan yang dilaksanakan Gusdurian Solo (8-9/3/2019). Saat sesudah ziarah ke Makam Sunan Ampel, seorang santri peserta ziarah membeli roti. Namanya Roti Maryam. Memang begitulah roti itu dijajakan di lorong yang dilewati para peziarah.

Uniknya adalah ini. Santri itu memberikan sebagian Roti Maryam tersebut. Satu kepada seorang Pastor, yakni saya sendiri yang ikut dalam ziarah itu, satu-satunya peserta yang beragama Katolik, pastor pula hehe. Satu lagi diberikan kepada Pak Haji Husein Syifa’ yang menjadi sesepuh dalam ziarah tersebut.

Di dalam bus, saat hendak menerima Roti Maryam, nama roti itu, Pak Haji bertanya, “Ada Roti Maryam, ada nggak ya Roti Yesus?” Tanya Pak Haji bercanda. Pastor yang bersyukur sesudah menerima roti itu spontan menjawab, “Ada Pak Haji. Itulah yang kami terima dalam Misa (Ekaristi). Wah, alangkah senangnya kalau Roti Yesus yang kami terima dalam Misa juga sebesar ini!”

Itulah canda pagi di dalam bus yang siap bergerak dari kompleks Makam Sunan Ampel, Surabaya, menuju Bangkalan Madura, untuk berziarah ke Pesarean Syech Cholil. Lalu apa inspirasi dan motivasi yang bisa ditimba?

Pertama, inspirasi kemurahan hati seorang santri, yang memberikan Roti Maryam kepada Pastor dan Pak Haji. Ini istimewa, meski tampaknya sederhana. Inisiatif dan kebaikan santri itu istimewa! Dia santri murah hati. Memberi sarapan kepada Pastor dan Haji berupa Roti Maryam.

Kedua, Pastor dan Pak Haji bisa bercanda dengan akrab mesra dihadapan para santri. Itu istimewa. Canda mesra itu yang hari-hari ini lenyap dari negeri ini, apalagi kalau sudah diplesetkan bahwa suatu canda bisa dipelintir menjadi nista hahaha lalu, jadilah penistaan! Awas jangan bercanda soal agama!

Ketiga, canda Pak Haji dalam rupa tanya tentang Roti Yesus saat menerima Roti Maryam itu, membuat Pastor itu jadi ingat kata-kata Yesus yang bersabda dan menyatakan Diri-Nya sebagai Roti Hidup. Beginilah Yesus bersabda, tak hanya sekali tetapi diulangi sampai sedikitnya tiga kali. Sabda itu bisa dibaca dalam Injil Yohanes.

Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi. Akulah roti hidup. Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah dagingKu, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” (Yoh 6:35,48,51)

Nah, canda tanya Pak Haji itu telah membuat Pastor itu bersyukur. Bahkan memberi inspirasi dan motivasi padanya untuk mengingat dan merenungkan Sabda Yesus dalam perjalanan ziarah itu.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 10/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pengalaman pribadi dalam perjalanan ziarah kebangsaan di Makam Sunan Ampel, Surabaya (9/3/2019)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2668438587096702?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.