Inspiration

Inspirasi Berdoa Tobat Memotivasi Perubahan Hidup Baru dalam Roh Kudus, Bagaimana Caranya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi berdoa tobat yang bisa memotivasi perubahan hidup kita menjadi baru dalam Roh Kudus. Inspirasi dan motivasi ini menarik untuk direnungkan bagi siapa saja, apa pun agama dan kepercayaannya. Namun secara khusus, inspirasi ini cocok bagi Umat Kristiani, khususnya Umat Katolik yang pada hari ini, memulai Masa Prapaskah sebagai Masa Pertobatan. Bagaimana persisnya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inspirasi berdoa tobat yang memberi motivasi perubahan hidup baru dalam Roh Kudus itu dapat kita renungkan dari Bacaan Liturgi 06 Maret 2019 Hari Rabu Abu yakni dari Kitab Mazmur 51:3-4.5-6a.12-13.14.17. Inspirasi ini menjadi doa tobat kita semua. Beginilah doa selengkapnya dari Mazmur yang memiliki refren: Kasihanilah kami, ya Allah, sebab kami orang berdosa.

Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, menurut besarnya rahmat-Mu hapuskanlah pelanggaranku. Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!

Sebab aku sadar akan pelanggaranku, dosaku selalu terbayang di hadapanku. Terhadap Engkau, terhadap Engkau sendirilah aku berdosa, yang jahat dalam pandangan-Mu kulakukan.

Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, dan baharuilah semangat yang teguh dalam batinku. Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Berilah aku sukacita karena keselamatan-Mu, dan teguhkanlah roh yang rela dalam diriku. Ya Tuhan, bukalah bibirku, supaya mulutku mewartakan puji-pujian kepada-Mu. (Kitab Mazmur 51:3-4.5-6a.12-13.14.17)

Terdapat empat kelompok kalimat doa yang memberi inspirasi dan motivasi pertobatan dan perubahan hidup secara rohani. Keempat hal itu tampak dalam setiap alinea yang menjadi bait doa. Apa saja?

Pertama, dengan rendah hati kita memohon belas kasihan Tuhan agar berkenan menghapus setiap pelanggaran kita. Semua melulu karena rahmat kerahiman-Nya semata yang memungkinkan kita dibersihkan dari segala pelanggaran dan dosa kita. Tapi syaratnya adalah, bersikap rendah hati dan memohon pengampunan-Nya.

Kedua, dibutuhkan pengakuan yang rendah hati bahwa kita berdosa terhadap Tuhan. Setiap kejahatan yang kita lakukan adalah kejahatan bahkan terhadap Tuhan sendiri yang telah begitu baik dan penuh belas kasih kepada kita. Maka, dengan rendah hati, kita mengakui segala pelanggaran dan kejahatan kita terhadap-Nya.

Ketiga, dengan kesadaran itu dan dalam kerendahan hati, kita memohon agar Tuhan berkenan mengubah hidup kita menjadi baru. Maka kita berseru: Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, dan baharuilah semangat yang teguh dalam batinku. Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku! Itulah perubahan hidup baru dalam Roh Kudus!

Keempat, perubahan itu mendatangkan rahmat sukacita dan kegembiraan, bukan oleh barang duniawi, melainkan oleh karena keselamatan Tuhan yang dicurahkan dalam kehidupan kita. Dengan itu, Tuhan akan menolong kita pula memberikan kesaksian terus-menerus dengan mewartakan pujian dan syukur kepada-Nya.

Nah, itulah inspirasi berdoa tobat yang memberi motivasi demi terjadinya perubahan hidup baru dalam Roh Kudus, Semoga bermanfaat. Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 6/3/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Kitab Mazmur 51:3-4.5-6a.12-13.14.17

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/511635888754705?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.