Inspiration

Inspirasi dan Motivasi Memoderasi Hidup Keberagamaan, Bagaimanakah Implementasi Nyatanya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi yang disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin kepada para tokoh agama dan utusan daerah se-Indonesia di Makassar (2/3/2019). Bagaimana dan seperti apakah?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inspirasi dan motivasi itu disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin dalam rangka Konfernas V Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang diikuti oleh para peserta se-Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Rote. Inspirasi dan motivasi moderasi agama di Indonesia harus terus disuarakan, khususnya oleh para tokoh lintas agama dan kepercayaan. Alasannya, Indonesia memiliki banyak keberagaman agama, suku, seni, budaya, bahasa dan lain sebagainya.

Apa itu moderasi? Moderasi berarti moderat, lawan dari ekstrimisme. Sikap moderat memiliki arti melakukan sesuatu secara berimbang, tidak melampaui batas-batas kealamiahan kemanusiaan. 

Di Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang agamis dan religius, inspirasi dan motivasi moderasi penting. Pada dasarnya hakikat agama ialah memanusiakan manusia. Maka ini yang harus dilakukan bersama. Demikian tegas Lukman Hakim Saifuddin.

Semoga harapan Pak Menteri Agama Lukman Hakim Sqifuddin dapat semakin diwujudkan di negeri ini, juga dalam rangka peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaannya.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih? Semoga bermanfaat.

Asrama Haji-GPIB-Katedral Makassar, 3/3/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi mengikuti Konfernas V FKUB di Asrama Haji Makassar (1-3/3/2019) dilengkapi http: //www.suaramerdeka.com/news/detail/171841 oleh Siswo Ariwibowo

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3200965034293171?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.