Inspiration

Inspirasi dan Motivasi Jika Tuhan Mengingat-Ingat Kesalahan, Siapakah Yang Dapat Bertahan?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi rohani untuk senantiasa berharap dan mengandalkan kerahiman Tuhan. Jika Tuhan mengingat-ingat kesalahan, siapakah yang dapat bertahan? Beginilah permenungannya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bacaan Liturgi 15 Maret 2019 Hari Biasa Pekan Prapaskah I khususnya Mazmur 130:1-2.3-4ab.4c-6.7-8 dapat menjadi acuan kita. Mari kita baca teksnya sebagai doa dan seruan kita juga sesuai adaptasi yang saya buat dalam konteks kita.

Dari jurang yang dalam aku berseru kepada-Mu, ya Tuhan! Tuhan, dengarkanlah suaraku! Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian kepada suara permohonanku, juga bagi bangsa dan negeriku.

Jika Engkau mengingat-ingat kesalahan, ya Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi pada-Mu ada pengampunan, maka orang-orang takwa kepada-Mu. Kami datang kepada-Mu.

Aku menanti-nantikan Tuhan, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firman-Nya. Jiwaku mengharapkan Tuhan lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi. Lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi, berharaplah kepada Tuhan, hai umatku!

Sebab pada Tuhan ada kasih setia, dan Ia banyak kali mengadakan pembebasan. Dialah yang akan membebaskan umat-Nya dari segala kesalahannya. (Bdk. Mazmur 130:1-2.3-4ab.4c-6.7-8)

Setiap kelemahan dan kesalahan manusia mendapat balasan dari Tuhan. Itu pikiran kita manusia. Namun ternyata Tuhan itu Pengasih dan Penyayang, Panjang Sqbar dan Kasih Setia-Nya. Karena itu, hanya kepada-Nya saja kita berharap, berseru dan berdoa.

Tuhan menjawab seruan dan doa umat-Nya bahkan melimpahkan kerahiman laksana fajar merekah sesudah gelap malam dosa yang bikin susah dan gundah. Sinar kerahiman-Nya jauh lebih kuat mencahayai kegelapan dosa itu.

Maka, inilah inspirasi dan motivasi jika Tuhan mengingat-ingat kesalahan, siapakah yang dapat bertahan? Syukurlah Tuhan itu Pengasih dan Penyayang. Hanya kepada-Nya-lah kita berharap dan berserah. Dan tak akan pernah dikecewalan!

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermabfaat. Terima kasih. Tuhan mengampuni dan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 15/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Mazmur 130:1-2.3-4ab.4c-6.7-8

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2294286854322074?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.