Inspiration

Inspirasi dan Motivasi Penyerahan Diri Kepada Hyang Ilahi, Bagaimanakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi penyerahan diri kepada Hyang Ilahi, Allah Bapa Surgawi. Bagaimanakah?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Jawaban selengkapnya ada dalam Bacaan Liturgi 06 April 2019 Hari Biasa Pekan Prapaskah IV Bacaan Pertama Kitab Yeremia 11:18-20. Judulnya menarik: Aku seperti anak domba jinak yang dibawa untuk disembelih. Mari kita baca teks selengkapnya.

Nabi berkata: “Tuhan memberitahukan ancaman-ancaman yang dirancang orang terhadapku; maka aku mengetahuinya.

Pada waktu itu Engkau, ya Tuhan, memperlihatkan ancaman mereka kepadaku. Dulunya aku seperti anak domba jinak yang dibawa untuk disembelih; aku tidak tahu bahwa mereka mengadakan persepakatan jahat terhadap aku dengan berkata, “Marilah kita binasakan pohon ini dengan buah-buahnya! Marilah kita melenyapkannya dari negeri orang-orang yang hidup, sehingga namanya tidak diingat orang lagi!”

Tetapi, Tuhan semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku.” (Yeremia 11:18-20)

Nubuat Nabi Yeremia hendak menegaskan bahwa orang baik itu selalu mendapatkan perlawanan dari mereka yang tidak menyukai kebaikan, kebenaran dan keadilan. Akan datang ancaman, perlawanan, dan bahkan kekerasan. Namun, tak perlu menghadapinya dengan gentar dan gemetar.

Sikap terpenting adalah berserah diri kepada Hyang Ilahi, Tuhan Yang Maha Esa, entah dengan cara apa pun disebut dan disembah, sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Penyerahan diri ini penting sebab tak segala sesuatunya harus dihadapi sendiri. Tuhan Semesta Alam sendirilah yang akan memberikan perlindungan dan penyertaan yang aman.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 6/4/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Yeremia 11:18-20

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1811514634489182?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.