Inspiration

Bagaimana Inspirasi Pekerjaan Selalu Lebih Kuat Daripada Perkataan? Inilah Jawabannya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Bagaimana inspirasi pekerjaan selalu lebih kuat daripada perkataan? Inilah jawabannya.

Sumbernya adalah Bacaan Liturgi 12 April 2019 Hari Biasa Pekan Prapaskah V Bacaan Injil Yohanes 10:31-42. Kita baca dan renungjan yuk.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sekali peristiwa orang-orang Yahudi mau melempari Yesus dengan batu. Tetapi kata Yesus kepada mereka, “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku Kuperlihatkan kepadamu; manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau m7elempari Aku dengan batu?Jawab orang-orang Yahudi itu, “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah, dan karena Engkau menyamakan diri-Mu dengan Allah, meskipun Engkau hanya seorang manusia.”

Kata Yesus kepada mereka, “Tidakkah ada tertulis dalam kitab Tauratmu ‘Aku telah berfirman: Kamu adalah allah?’ Padahal Kitab Suci tidak dapat dibatalkan! Maka, Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan, disebut allah, masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia ‘Engkau menghujat Allah!’ Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah? Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku, janganlah kamu percaya kepada-Ku. Tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa ada dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.” Sekali lagi mereka mencoba menangkap Yesus, tetapi Ia luput dari tangan mereka. Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan, ke tempat Yohanes dulu membaptis orang, lalu Ia tinggal di situ.

Banyak orang datang kepada-Nya dan berkata, “Yohanes memang tidak membuat satu tanda pun, tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar.” Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya. (Yohanes 10:31-42)

Karya, pekerjaan dan pelayanan memberi kesaksian lebih dari kata, perkataan dan pencintraan. Dalam pembacaan Injil hari ini, Yesus mengajar kita bahwa iman kita tidak hanya didasarkan pada apa yang Tuhan katakan dan janjikan tetapi juga pada apa yang telah dia lakukan dalam karya, pekerjaan dan pelayanan-Nya.

Kita tahu bahwa Yesus Kristus menunjuk pada karya-karya-Nya sebagai dasar untuk iman kepada-Nya sebagai Putra Bapa. Maka Yesus bersabda, “Bahkan jika kamu tidak percaya padaku, percayalah pada karya-karya yang Kukerjakan….” Yang terbesar dari semua pekerjaan ini adalah kesengsaraan, kematian dan kebangkitan-Nya dari antara orang mati, yang sebentar lagi kota rayakan pada Pekan Suci.

Pekerjaan selalu lebih kuat daripada kata-kata. Kata-kata mungkin meyakinkan pikiran, tetapi pekerjaan menggerakkan keinginan untuk bertindak dan mengambil keputusan. 

Yesus Kristus terus melakukan pekerjaan Bapa hingga hari ini, terutama dalam Ekaristi dan dalam pengakuan sakramental, serta sakramen-sakramen lainnya. Apakah saya mengimani karya-karya ini sebagaimana adanya sebagai tindakan nyata Kristus dengan kuasa untuk berubah? Bahkan Yesus Kristus berkarya bukan melalui kehebatan kita melainkan justru kuasa-Nya sempurna dalam kelemahan dan kerapuhan kita. Mari mengandalkan kekuatan dan kerahiman-Nya.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.

JoharT Wurlirang, 11/4/2019

·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Yohanes 10:31-42

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1705975976905187?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.