Inspiration

Dipanaskan Tujuh Kali Lipat Sekali Pun, Api Itu Tak Mampu Menghanguskan Mereka, Mengapa?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Masihkah kita mempunyai ketabahan dalam menghadapi cobaan atas pilihan demi kebaikan dan kebenaran yang hendak kita hayati hingga akhir hayat kita? Inilah inspirasi dan motivasi yang bisa kita renungkan.

Referensi pihak ketiga

Sumbernya adalah Bacaan Liturgi 10 April 2019 Hari Biasa Pekan Prapaskah V Bacaan Pertama Nubuat Daniel 3:14-20.24-25.28. Dikisahkan tokoh-tokoh iman yang memberi inspirasi dan motivasi kepada kita untuk tetap bertahan dalam kebaikan dan kebenaran kendati tantangan dan cobaan menghadang. Mari kita baca dan renungkan.

Sekali peristiwa berkatalah Nebukadnezar, raja Babel, kepada Sadrakh, Mesakh, dan Abednego, “Apakah benar, bahwa kamu tidak memuja dewaku dan tidak menyembah patung emas yang kudirikan itu? Sekarang, jika kamu bersedia, demi mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, sujudlah menyembah patung yang kubuat itu! Tetapi jika kamu tidak menyembah, seketika itu juga kamu akan dicampakkan ke dalam perapian yang menyala-nyala. Dan dewa manakah yang dapat melepaskan kamu dari dalam tanganku?”

Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab, “Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya Raja. Tetapi seandainya tidak, hendaklah Tuanku mengetahui, bahwa kami tidak akan memuja dewa Tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.”

Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar. Air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Lalu diperintahkannya supaya perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas dari yang biasa. Kepada beberapa orang yang sangat kuat dari tentaranya dititahkannya untuk mengikat Sadrakh, Mesakh dan Abednego, dan mencampakkan mereka ke dalam perapian yang menyala-nyala itu.

Referensi pihak ketiga

Tetapi terkejutlah Raja Nebukadnezar, lalu bangun dengan segera. Berkatalah ia kepada para menterinya, “Bukankah tiga orang yang telah kita campakkan dengan terikat ke dalam api itu?” Jawab mereka kepada raja, “Benar, ya Raja!” Kata raja, “Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu. Mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!”

Maka berkatalah Nebukadnezar, “Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan melepaskan hamba-hamba-Nya, yang telah menaruh percaya kepada-Nya, tetapi melanggar titah raja, yang menyerahkan tubuh mereka karena mereka tidak mau memuja dan menyembah allah mana pun kecuali Allah mereka.” (Nubuat Daniel 3:14-20.24-25.28)

Referensi pihak ketiga

Demikianlah kisah itu sangat gamblang memberikan inspirasi dan motivasi bagi siapa saja untuk bertahan dalam kebaikan dan kebenaran sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Tak perlu menjadi goyah oleh fitnah. Tak perlu gentar oleh serangan-serangan yang mencecar. Tak perlu galau oleh segala hal yang bisa membuat hidupmu kacau.

Yang terpenting adalah bertahan dalam kebaikan. Bahkan sekiranya tantangan dan cobaan itu laksana panas api yang berlipat tujuh kali, tak akan pernah bisa menghanguskanmu, seperti yang dikisahkan dalam Nubuat Daniel ini, Bertahanlah dalam kebaikan dan kebenaran yang kau hidupi dengan setia kendati hidupmu lemah dan bahkan berdosa! Pertolongan Tuhan akan selalu dilimpahkan sebagai perlindungan bagi siapa saja yang mengandalkan kekuatan dan kerahiman-Nya.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 10/4/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refeleksi pribadi terinspirasi Nubuat Daniel 3:14-20.24-25.28

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1348663798941661?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.