Inspiration

Inspirasi & Motivasi Menghayati Hidup Berkomunitas & Berkolegialitas Imamat, Bagaimanakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi menghayati hidup berkomunitas dan berkolegialitas bagi para psastor yang berkarya di Keuskupan Agung Semarang. Bagaimanakah?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inspirasi dan motivasi ini disampaikan oleh Priyono Marwan SJ pada rekolaksi Imam di Keuskupan Agung Semarang, 15-16 April 2019 di Griya Asisi Bandungan. Inilah pokok-pokok gagasan yang disampaikan Romo Priyono Marwan SJ. Kita simak yuk.

Empat prinsip dinamis untuk menghayati hidup berkomunitas.

1. Menyadari kemampuan, mengakui kelemahan (untuk diatasi), dan menjernihkan/meneguhkan nilai-nilai hidup, memperluas pandangan dunia. a). Gambaran diriku: Citra Allah dan anak Bapa, talenta dan karunia, pendosa yang diampuni, putera kebangkitan. b). Kecenderungan/kebiasaanku yang merugikan, aneka bentuk cinta diri (pengakuan diri?). c). Nilai, keutamaan, buah Roh yang kuperjuangkan dalam hidup ini. d). Pandangan dunia/gereja yang kukembangkan dan yang menggerakkanku (bukan penghakiman; Dunia Rumah Kita, Gereja sbg Rumah Sakit Lapangan).

2. Menyambut dunia (termasuk Gereja, rumah komunitas dan komunitas pelayananku) yang berubah dan dengan penuh keyakinan ikut memperbaharuinya. a) Perubahan dunia yang kusaksikan dan kualami, b). Perubahan dunia yang kudambakan, c). Keikutsertaanku dalam pembaharuan dunia.

3. Bergaul dan terlibat dengan orang lain dengan sikap positif. a) Perbedaan orang lain dan aku (kenyataan), b) Kesempatan yang tersedia dalam perbedaan tersebut, c) Bagaimana orang lain dan aku dapat berkembang dalam perbedaan tersebut, d) Keterlibatanku (dalam pikiran, perkataan dan perbuatan) dalam perkembangan tersebut.

4. Memberdayakan diri dan orang lain dengan hasrat yang kuat. Bagaimana aku menyemangati diriku dan orang lain (secara raga, jiwa, dan roh) untuk semakin terlibat (dalam pikiran, perkataan dan perbuatan) dalam pembaharuan dunia (rumah komunitas dan komunitas pelayanan) sebagai rumah bersama?

Dinamika Membangun Hidup Berkomunitas: Kesadaran diri Pembaharuan Dunia/Komunitas Terlibat dengan Orang Lain Bersama Membaharui Dunia/Komunitas.

Kenyataan dan panggilan komunitas: Komunitas kita (rumah dan pelayanan) berpenghuni orang-orang yang saling berlainan (dalam banyak hal) dan dipanggil bersama untuk memperbaharui dunia yang satu dan sama.

Inspirasi dari Heroic Leadership: Empat prinsip: understanding their strengths, weaknesses, values, and worldview; confidently innovating and adapting to embrace a changing world; engaging others with a positive, loving attitude; energizing themselves and others through heroic ambitions.

Excerpted from Heroic Leadership: Best Practices from a 450-Year-Old Company That Changed the World by Chris Lowney (Loyola Press, 2003).

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah pokok-pokok gagasqn yang dipersiapkan oleh Priyono Marwan SJ, 28/03 & 06/04/2019. Pokok-pokok gagasan itu diterangkan dengan sangat menarik dan mengesankan (seperti biasanya yang menjadi keunggulan Romo Priyono Marwan SJ) di hadapan Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang dan para Romo yang berkarya di Keuskupan Agung Semarang (KAS) khususnya di Kevikepan Semarang dan Surakarta.

Sementara itu, Romo Priyono Marwan SJ juga menerangkan bahan yang dipersiapkan oleh Romo Petrus Sunu Hardiyanta SJ, Provinsial Serikat Jesus Indonesia. Romo Sunu sendiri memberikan bahannya di Wisma Shalom Bandungan kepada para Romo yang berkarya di Kevikepan DIY dan Kedu.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Demikian, semoga bermanfaat. Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 17/4/2019

BERKAH DALEM

Sumber: materi yang disampaikan Romo Priyono Marwan SJ dalam rekoleksi Imam se-KAS di Griya Asisi Bandungan, 15-16/4/2019

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3464351001837902?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.