Inspiration

Menikmati Keindahan Karya Tuhan Yang Maha Besar Taman Nasional Baluran “Africa van Java”

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi alam semesta yang indah tertata membawa jiwa sujud menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Besar. Bagaimana persisnya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sesudah menikmati snorkling di Bangsring Underwater, kami menikmati santap sejenak dan lalu memeluncur menuju Taman Nasional Baluran (TNB). Sebagaimana dijelaskan Arief, local guide kami yang keren, sebenarnya, secara administratif TNB masuk wilayah Situbondo. Akan tetapi secara jarak lebih dekat dengan Banyuwangi. TNB berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. TNB berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. 

TNB biasa dijuluki Africa van Java atau Little Africa in Java. Mengapa? Karena, di TNB terdapat padang savana luas dan penuh satwa liar. Ini benar. 

Saat kami berhenti dan menikmati padang ini, saya menikmati padang yang tak terlalu tandus namun agak panas. Beberapa pohon-pohon yang kering dibiarkan meranggas. Nanun masih banyak pohon yang rimbun dedaunannya. Tampak pula sejumlah bebatuan. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Di padang itu kami lihat sejumlah satwa liar yakni rusa, kerbau, banteng, monyet ekor panjang, ayam alas, dan burung merak. Meski tak sempat melihat, namun Arief mengatakan bahwa masih banyak pula ular Kobra di semak-semak. Kecuali itu, di TNB juga terdapat 26 jenis mamalia, banteng, kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Banteng (bos Javanicus) menjadi maskot taman nasional Baluran. Sedikitnya 155 burung juga menggantungkan hidup di hutan ini. 

Sebagaimana dijelaskan Arief, TNB memiliki luas 25 ribu hektare. Di taman ini terdapat beberapa jenis tumbuhan dan pepohonan. Hutan ini menjadi miniatur hutan Indonesia. Hampir seluruh tipe pohon ada di taman nasional ini. Ada vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Namun sekitar 40% di antaranya adalah vegetasi savana. 

Saat saya bertanya, ada berapa banyak dan jenis pohon di TNB, Arief menjawab ini. Tercatat di TNB terdapat sebanyak 444 jenis pohon atau tanaman. Terdapat pula tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu Widoro Bukol, Mimba, dan Pilang.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dengan mudah kami melintasi TNB dengan menggunakan bus kecil yang kami tumpangi sejak dari Semarang. Kami menempuh jarak sepanjang 15 km dari sejak masuk taman hingga pantai Bama.

Kami juga menikmati padang savana Bekol yang menjadi bagian dari TNB. Di bawah terik matahari kami berfoto dengan latar padang savana menghampar, hutan dan Gunung Baluran. Khusus Savana Bekol luasnya sekitar 300 Ha dari total 10 ribu Ha luas savanna di Baluran, yang sekaligus merupakan savana terluas di Pulau Jawa.

Sepanjang perjalanan melintasi TNB tersebut, saya hanya bisa bersyukur dan memuji nama Tuhan Yang Maha Esa dan Mahq Besar. Sungguh luar biasa istimewa, indah!

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga catatan dan refleksi singkat ini bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Taman Nasional Baluran, 24/4/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi mengunjungi Taman Nasional Baluran bersama para Romo Unio Komisariat Semarang didampingi Arief sebagai local guide (24/4/2019).

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3489846779640468?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.