Inspiration

Tirakatan Malam Paskah dan Maknanya?

Referensi pihak ketiga

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah makna Malam Paskah bagi umat Kristiani sesudah sepanjang hari merenungkan Sabtu Suci. Seperti apakah?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kita bisa menimba sumber inspirasi dari Bacaan Liturgi 20 April 2019 Hari Sabtu Suci (Pagi) – Vigili Paskah (Malam) Bacaan Injil Matius 28:1-10. Mari kita baca dan renungkan.

Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu. Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya. Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju. Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati. Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: “Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakanNya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-muridNya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk 3 kepada murid-murid Yesus. Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: “Salam bagimu.” Mereka mendekatiNya dan memeluk kakiNya serta menyembahNya. Maka kata Yesus kepada mereka: “Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudaraKu, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.” (Matius 28:1-10)

Pada Malam Paskah, kita bersukacita dan bergembira merenungkan kebangkitan Yesus Kristus dari alam maut. Yesus Kristus yang telah mengasihi kita sampai akhir. Dalam keheningan dan kegembiraan Malam Paskah, kita bermeditasi dan mempersiapkan diri untuk menyambut kebangkitan Kristus. 

Kita bertirakat dalam keheningan dan kegembiraan di hadirat Bapa, Putra dan Roh Kudus dalam doa yang tenang dan penuh harap, dengan sabar menunggu fajar baru Paskah. Yang tampak seperti kekalahan adalah kemenangan hidup baru. 

Pemilik h2ak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bersama Yesus Kristus, keheningan Malam Paskah membantu kita merenungkan dalam hati semua yang telah Ia capai untuk umat manusia. Kita tahu bahwa keheningan hari Sabtu Suci bukanlah keheningan keputusasaan, melainkan keheningan penuh harapan besar yang siap tumpah dalam kegembiraan luar biasa Paskah. 

Bersama para Perempuan Suci dan Setia, kita seakan pergi ke kuburan Yesus, bukan untuk mengurapi mayat-Nya, tetapi untuk bersukacita dengan para malaikat yang menyatakan, “Yesus tidak ada di sini. Dia telah bangkit! ” Inilah makna Malam Paskah bagi kita. Maka ditandai dengan pembaruan janji baptis dan cahaya Lilin Paskah yang penuh berkah.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Pastoran Bedono, 20/4/2019 »̶ ·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Matius 28:1-10

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1798554371984165?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.