Inspiration

Inspirasi Kerendahan Hati Nikodemus di Hadirat Yesus

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi kerendahan hati seorang Pemimpin Yahudi. Namanya Nikodemus. Ia datang pada suatu malam, secara diam-diam, karena terdorong oleh hasrat akan kebaikan dan kebenaran, untuk berjumpa secara pribadi dengan Yesus. Lalu apa yang terjadi?

Referensi pihak ketiga

Jawabannya diterangkan selengkapnya dalam Bacaan Liturgi 30 April 2019 Hari Biasa Pekan Paskah II Bacaan Injil Yohanes 3:7-15. Mari kita baca dari ayat 1 dan kita renungkan.

Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi. Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: “Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya.” Yesus menjawab, kataNya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.” Kata Nikodemus kepadaNya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?” Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali. Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh.” Nikodemus menjawab, katanya: “Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?” Jawab Yesus: “Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami. Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal. (Yohanes 3:1-15)

Referensi pihak ketiga

Nikodemus adalah salah satu pemimpin dan pengajar Yahudi yang terkemuka. Namun di sini ia mencoba menjumpai Yesus secara diam-diam dan melakukan dialog yang intensif dengan-Nya. Sebagai seorang pengajar agama ia fasih dalam aturan dan peraturan, tetapi masih ada kesenjangan dalam pengetahuannya. Dia tidak tahu tentang Roh Kudus dan kelahiran baru yang kita terima dengan dilahirkan dari “air dan Roh.” 

Di satu sisi, dia tidak dapat disalahkan, karena Yesus belum mengungkapkannya, tetapi itu hanya berjalan begitu saja. untuk menunjukkan kepada kita bagaimana pengetahuan spiritual yang mendasar agar menjadi pemimpin spiritual yang kredibel. Sebagai orang Katolik yang berkomitmen, kita perlu terus saling belajar satu terhadap yang lain menuju iman yang lebih dalam. Tak perlu merasa malu bila kita salah dan keliru, bahkan jatuh dalam dosa; yang penting adalah komitmen untuk bangun kembali – lahir kembali – dalam Roh Kudus, melalui air pengampunan dan kerahiman-Nya. Biarlah air dan Roh pengampunan dan kerahiman-Nya membasuh dan menyucikan kembali hidup kita senantiasa.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 30/4/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Yohanes 3:1-15

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3755953294972494?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.