Inspiration

Inspirasi Keterlibatan Sinergis & Praksis Interreligius & Ekologis, Kerja Bakti di Masjid!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi di hari kedua Gladi Rohani X Reksa Pastoral Kampus Unika Soegijapranata Semarang, pagi sampai siang yang ditandai dengan tiga hal pokok. Apa saja? Mari kita simak.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pertama, kami membuka hari dengan pendasaran rohani dalam dua bentuk. Satu, meditasi pagi, dipandu Anggit dan Sr. Elsa. Dua, Perayaan Ekaristi sebagai sumber kekuatan rohani. Saya persembahkan bagi dan bersama mereka. 

Kedua, sesudah sarapan, kami bersiap untuk outing dan berjalan kaki sekitar 15 menit menuju lokasi untuk kerja bakti di sekitar rumah retret. Ada dua hal pula yang dibuat dalam dua kelompok. 

Kelompok satu bekerja bakti di kompleks pembangunan Masjid Baiturrohman di Gelaran, Kenteng, Bandungan. Di situ kami diberi kesempatan mengangkut batu bata dalam dua tahapan. Tahap pertama mengangkut batu bata dari halaman ke dalam masjid. Tahap berikut memindahkan batu bata itu ke lantai atas. Semua kami lakukan dengan sukacita dan semangat. Kebetulan, di bulan Ramadhan Suci, beberapa tukang tidak bekerja, sehingga kehadiran kami bisa mengisi kekosongan itu. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kelompok kedua bekerja bakti membersihkan lingkungan. Menata sampah dan rerumputan. Dengan begitu, walau sederhana, kami belajar menghayati sikap ekologis, membersihkan sampah dan menempatkan sampah-sampah pada tempatnya agar tidak menyumbat selokan-selokan. Berkatnya, saat hujan turun, selokan menjadi tempat air mengalir secara lancar.

Itulah cara sederhana menghayati tema GR X, “Involved Sinergitically in Diversity”. Itulah perpaduan sederhana yang saya sebut sebagai praksis ekologis interreligius.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ketiga, sesudah semua usai, kami kembali ke rumah retret dengan berjalan kaki lagi untuk minum dan bersih-bersih diri. Acara dilanjutkan dengan refleksi dan diskusi dalam kelompok atas peristiwa yang sudah terjadi. Suasana selalu dibuat dalam kegembiraan dan sukacita.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Rumah Retret Syalom Bandungan, 10/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2330845466912143?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.