Inspiration

Kian Religius, Kian Terbuka kepada Sesama dan Semesta, Bagaimana?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Beberapa hari ini di awal Mei 2019, beredar cuplikan video singkat yang berisi trialog (dialog tiga arah) antara Mbak Najwa “Nana” Shihab, saya dan Almukarom Abi Quraish Shihab. Cuplikan singkat itu adalah bagian kecil dari dialog panjang dalam Narasi TV – Shihab & Shihab yang ditayangkan pada tanggal 24 Desember 2018 yang lalu. Entah siapa yang mendownload dan mencuplik tayangan itu, saya justru berkali-kali menerima kiriman tersebut dari berbagai pihak hehehe.

Referensi pihak ketiga

Dalam cuplikan itu tampak Mbak Nana menyampaikan pertanyaan dari netizen tentang apakah benar bahwa semakin religius maka orang semakin tertutup pada pihak lain. Menanggapi pertanyaan itu, saya menjawab bahwa mestinya, semakin religius, kita harus kian terbuka kepada sesama dan semesta, bukan sebaliknya.

Referensi pihak ketiga

Nah, di situ saya mengambil contoh pengalaman rohani St. Fransiskus Asisi. Beliau adalah tokoh mistik Katolik yang unik. Kedalaman hidup rohani dan religiositasnya justru membuatnya kian terbuka kepada sesama dan semesta. Itulah sebabnya, Fransiskus Asisi bisa berdialog dengan siapa saja dan apa saja.

Referensi pihak ketiga

Jawaban itu ternyata juga disepakati oleh Abi Quraish dan beliau pun menambahkan pula dari sisi rohani agama Islam. So, ada titik temu yang serupa dalam hal kedalaman rohani bahwa kian religius, kian terbukalah kita kepada sesama dan semesta. Selengkapnya silahkan simak cuplikan ini.

Orisinil

Syukran katsiran Abi Quraish dan Mbak Nana. Semoga cuplikan video itu dan catatan reflektif singkat ini bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1306362849970246?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.