Inspiration

Roti Hidup Itu Sejak dalam Palungan Betlehem Hingga Ekaristi Saat Ini

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Sabda Yesus ini istimewa walau bagi banyak orang tak mudah dicerna. Mari kita mencoba memahaminya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

“Akulah roti hidup yang telah turun dari surga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya. Dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” Itulah yang disabdakan Yesus sekitar 2000-an tahun silam. Masih relevankah? Pasti dan akan berlaku abadi.

Secara simbolik, perwujudan sabda ini sudah dimulai dalam kisah kelahiran-Nya. Kita ingat dan inilah yang diimani umat Kristiani, Yesus lahir di Betlehem, masuk otoritas Palestina saat ini. Dunia pun mengakuinya.

Referensi pihak ketiga

Menarik bahwa kata Betlehem, yang dalam bahasa Ibrani (béth-lehem), mempunyai “rumah roti.” Saat lahir, sebagai bayi, Yesus dibaringkan di palungan, tempat makanan untuk hewan biasanya ditempatkan. Ini adalah simbolisme sejak awal Yesus sebagai santapan rohani, Roti Hidup.

Demi menjadi Roti Hidup yang akan menjadi makanan rohani kita, Kristus pertama-tama menjadi manusia. Yesus Kristus memberi kita Roti yang diberkati secara khusus dengan memberikan diri-Nya sendiri. Begitulah cara Tuhan selalu mencintai: dengan memberikan diri-Nya sepenuhnya. Itulah yang terjadi dan kita sambut setiap kali kita merayakan Ekaristi.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Otw to FTW Jogyakarta, 8/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Bacaan Liturgi 09 Mei 2019 Hari Biasa Pekan Paskah III Bacaan Injil Yohanes 6:44-51

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4285749240150481?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.