Inspiration

Tetap Belajar Setia Hingga Akhir Meski Dalam Kelemahan, Bahkan Kesulitan dan Penganiayaan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pasti Petrus memiliki cinta yang besar kepada Yesus, tetapi seberapa dalam? Tampaknya dalam proses dari tidak cukup dalam hingga akhirnya sampai pada kemartirannya. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dengan jatuh bangun, Petrus terus bergumul dengan cintanya kepada Yesus. Itulah sebabnya, pada malam Perjamuan Terakhir, dia pikir dia bisa mati demi Yesus. Tetapi ternyata dia keliru. Ketika ujian datang, Petrus bergumul. Tak disembunyikan fakta pula bahwa ia sampai tiga kali menyangkal Yesus. Bahkan sesudah Yesus bangkit, Petrus masih sulit untuk percaya!

Apa maknanya bagi kita, terutama bagi umat Kristiani? Barangkali kita pun seperti Petrus. Kita cenderung melebih-lebihkan kesiapan kita untuk mengikuti Yesus. Kita baik-baik saja dalam keadaan biasa, tetapi ketika saat-saat sulit datang yakni saat terjadi pencobaan, pertentangan, bahkan penganiayaan, kita gagal. Seperti Petrus, kita rapuh dan lemah. Kita mau mencintai Tuhan, tetapi tidak cukup handal. 

Sangat mengagumkan bila kita merenungkan reaksi Yesus terhadap Petrus. Yesus tidak menghakimi Patrus walau jelas bahwa Petrus tak hanya salah namun bisa dibilang berdosa. Yesus tetap mengasihi dan tidak mencabut mandat perutusan yang dipercayakan-Nya kepadanya.

Kiranya hal yang sama terjadi pada kita. Kendati kita lemah, rapuh, ringkih dan bahkan berdosa, Yesus tidak kehilangan kepercayaan pada kita. Tentu, Yesus tetap menyertai dan menguatkan, bahkan mengampuni kita. Yesus pasti mengharapkan agar kita pun tetap bertumbuh dalam iman, harapan dan kasih serta berbuah dalam tiap karya pelayanan kita.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 4/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 05 Mei 2019 Hari Minggu Paskah III Bacaan Injil Yohanes 21:1-19

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2189401912938862?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.