Inspiration

Hukum Kasih, Perintah Baru dari Yesus Kristus

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah salah satu inspirasi memaknai hukum kasih sebagai perintah baru dari Yesus Kristus. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dalam ensikliknya, Deus Caritas Est., Paus-Emeritus Benediktus XVI mengajukan pertanyaan ini: Bisakah cinta diperintahkan?” Lalu Paus Bedektus XVI bilang bahwa cinta kasih itu bukan sekadar sentimen apalagi perasaan sentimental; melainkan tindakan kehendak. Tuhan tidak menuntut kita memiliki perasaan yang tidak mampu kita hasilkan sendiri. 

Dengan sederhana, Paus Benediktus XVI bilang bahwa kita tidak dapat diperintahkan untuk “menyukai” seseorang atau “jatuh cinta” pada seseorang dengan paksaan. Namun, kita dapat “memilih untuk mencintai” musuh kita. Itulah hakikat kasih sebagai perintah baru dari Yesus Kristus.

Lebih penting lagi, ketika kita mengalami kasih Allah bagi kita, sukacita karena dicintai menuntun kita untuk ingin menanggapi kasih itu dengan penuh semangat. Apalagi, Allah telah mengasihi kita terlebih dahulu: “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu.” (Yohabes 15:16a)

Kita mengalami kasih-Nya bagi kita sebagai kenyataan yang berkelanjutan setiap kali kita menerima sakramen, tetapi juga setiap kali kita merenungkan fakta bahwa Tuhan menjaga kita di dalam setiap sakramen yang kita rayakan. Khususnya Sakramen Ekaristi. Maka, Sakramen Ekaristi disebut Sakramen Cinta Kasih. Pengalaman rohani ini memungkinkan kita untuk memahami makan cinta kasih sebagai perintah baru dan ingin membagikannya dalam kehidupan kita

Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 23/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 24 Mei 2019 Hari Biasa Pekan Paskah V Bacaan Injil Yohanes 15:12-17

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3083430783948212?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.