Inspiration

Peradaban Kasih Ekologis dan Pertobatan Ekologis (3)

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi kutipan penting yang berisi seruan Paus Fransiskus agar kita semua melakukan pertobatan ekologis. Mari kita baca bersama.

Referensi pihak ketiga

“Padang gurun eksternal di dunia sedang meluas, karena gurun-gurun internal telah menjadi begitu luas. Karena itu, krisis ekologi merupakan panggilan untuk pertobatan batin yang mendalam. Tetapi kita juga harus mengakui bahwa beberapa orang Kristen, yang berkomitmen dan berdoa, cenderung meremehkan ungkapan kepedulian terhadap lingkungan, dengan alasan realisme dan pragmatisme. Orang lain tinggal pasif; mereka memilih untuk tidak mengubah kebiasaan mereka dan dengan demikian menjadi tidak konsisten. Jadi, apa yang mereka semua butuhkan adalah pertobatan ekologis, yang berarti membiarkan seluruh buah dari pertemuan mereka dengan Yesus Kristus berkembang dalam hubungan mereka dengan dunia di sekitar mereka. Menghayati panggilan untuk melindungi karya Allah adalah bagian penting dari kehidupan yang saleh; dan bukan sebuah opsi atau aspek sekunder dalam pengalaman Kristiani.” (Laudato Si’ No. 217)

Pertobatan ekologis menjadi seruan profetik di tengah krisis ekologi yang menimpa bumi, rumah kita bersama. Pertobatan ekologis ditandai oleh sikap peduli dan tidak meremehkan lingkungan hidup kita. Bagi umat Kristiani, pertobatan ekologis menjadi buah dari perjumpaan dengan Yesus Kristus dalam doa. Buah doa harus tampak dalam perubahan sikap yang lebih peduli kepada sesama dan semesta. 

Caranya? Jadikan sikap melindungi semesta sebagai pilihan primer, bukan sekunder. Artinya, kita harus menumbuhkan kesadaran utama yang peduli pada lingkungan bukan sebagai pilihan fakultatif, melainkan sebagai kewajiban. Bila tidak, itu menjadi dosa ekologis yang terus-menerus menuntut pertobatan ekologis. 

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 27/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Laudato Si artikel 217

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1550679093877109?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.