Inspiration

Maria Bunda Gereja dalam Derita, Duka dan Sukacita dalam Doa dan Cinta!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Hari ini adalah perayaan liturgis Maria; yakni Peringatan Wajib “Maria, Bunda Gereja.” Gereja Katolik menerima dan menghormati Maria sebagai Bunda Gereja, karena Maria mengandung, melahirkan dan mengasihi Putra Allah Yang Mahatinggi yang menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bacaan Injil menampillan Sabda Purna Yesus di kayu salib yang menyatakan peran Maria sebagai Ibu bagi para murid-Nya. Kita baca kutipannya.

Dan dekat salib Yesus berdiri ibuNya dan saudara ibuNya, Maria, isteri Kleopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibuNya dan murid yang dikasihiNya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibuNya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kataNya kepada murid-muridNya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. (Yohanes 19:25-27)

Setelah kelahiran Yesus, Simeon menubuatkan disposisi perutusan dan panggilan Bunda Maria: “… dan pedang akan menembus hatimu sehingga pikiran banyak orang akan terungkap.” Ini dinubuatkan sebagai hal tersulit yang akan dan harus dialami Maria. Mengenali pemenuhan panggilannya dalam menyertai Putranya, menyertai selama penyaliban-Nya, Bunda Maria melakukannya dengan taat setia demi memenuhi rencana misterius Allah demi keselamatan manusia dan semesta. 

Berdasarkan fakta ini, kita percaya bahwa Bunda Maria pun tidak pernah meninggalkan anak-anaknya ketika kita menderita. Namun Bunda Maria juga bersukacita bersama anak-anaknya yang bersukacita. Terpenting adalah bahwa Bunda Maria selalu berdoa bagi kita putri-putranya dalam nama Yesus Kristus. Inilah kiranya makna Maria sebagai Bunda Gereja

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 10/6/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Bacaan Liturgi 10 Juni 2019 PW Maria Bunda Gereja Bacaan Injil Yohanes 19:25-27

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/169554340316040?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.