Inspiration

Iman Tanpa Perbuatan Adalah Hampa, Sia-Sia Bahkan Mati!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Iman tanpa perbuatan adalah mati (Yakobus 2:20). Menyatakan iman kita melalui perbuatan kita adalah penting. Tidak cukup dengan pergi ke Misa pada hari Minggu, atau setiap hari, atau memiliki Alkitab di rak, atau menggantung rosario di kaca spion tengah mobil. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Tentu, semua itu baik dan tak hanya perlu melainkan harus dilakukan sebagai pengungkapan iman. Namun itu belum cukup. Dalam perbuatan iman harus diwujudkan.

Perwujudan iman bisa terjadi secara liturgis namun juga secara praksis sosial ekologis sehari-hari. Iman kepada Kristus berarti pertobatan setiap hari, mengubah hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya. Itulah makna sabda Yesys, “Bukan orang yang berseru kepadaKu, ‘Tuhan, Tuhan,’ akan memasuki kerajaan surga, tetapi hanya orang yang melakukan kehendak Bapa-Ku di surga.” (Matius 7:21). 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Melakukan kehendak Bapa berarti baik pekerjaan ritual maupun pekerjaan amal, kesabaran, pelayanan tanpa pamrih. Semua kebaikan harian adalah buah dari ibadah dan doa liturgis kita. 

Ekspresi nyata dari iman kita menuntut kita untuk memberikan diri kita sendiri. Iman sejati tidak membuat kita merasa sombong atau merasa benar sendiri karena saya “tidak pernah ketahuan” melakukan sesuatu yang salah. Semoga iman kita kepada Kristus membuat kita diselamatkan dan mendorong kita untuk mewujudkan dalam ungkapan iman maupun perbuatan iman harian

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 27/6/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Bacaan Liturgi 27 Juni 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa XII Bacaan Injil Mateus 7:21-29

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2494693501660715?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.