Inspiration

Tiga Pilihan: Baik & Buruk, Baik & Lebih Baik Atau Terbaik, dan Baik & Perlu; Bagaimanakah

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kita sering berpikir bahwa pencobaan adalah pilihan antara yang baik dan yang jahat. Namun kita sadari dalam hidup ini, kadang-kadang kita berada dalam keadaan lebih sulit daripada memilih antara dua hal yang berlawanan ini. 

Referensi pihak ketiga

Kapan itu terjadi? Ya, itulah pengalaman saat kita harus memilih antara dua hal. Demikianlah situasi yang dihadapi oleh orang-orang yang mau mengikuti Yesus sebagaimana dikisahkan dalam Injil hari ini. 

Dalam kasus seperti itu, kita dapat mengatakan bahwa yang baik kadang menjadi lawan dari yang terbaik. Itu membuat kita berada dalam ketegangan semacam dalam pencobaan dalam mengambil suatu pilihan.

Ada hal lain yang ketiga selain dua yang pertama. Kalau yang pertama pilihan antara baik dan buruk; yang yang kedua adalah pilihan antara yang baik dan lebih baik atau terbaik. Yang ketiga, pilihan antara yang baik dan perlu!

Referensi pihak ketiga

Maka pada konteks yang ketiga ini, kita perlu mengatakan tidak pada pilihan yang baik untuk merangkul satu hal yang perlu, apalagi pilihan itu menyangkut keselamatan kita sendiri maupun dan bahkan sesama dan semesta kita. Itulah yang bisa kita renungkan dari Injil hari ini. Perspektif itu bisa menjadi salah satu bahan refleksi kita. Komitmen pada pilihan terbaik harus kita perjuangkan terus-menerus.

Dalam Injil hari ini, dan juga besok, kita bertemu orang-orang yang mungkin telah menjadi pengikut Kristus yang dekat, yang mungkin bahkan telah dipilih untuk menjadi salah satu Rasul-Nya, tetapi yang dihadang oleh keprihatinan atau motif lain. Apakah hati saya sendiri terbuka kepada Kristus dan jalan-jalan-Nya? Manakah pilihan saya dan bagaimana berpegang teguh setia pada pilihan itu serta selalu berdoa untuk setia sampai akhir hidup kita?

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 30/6/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Bacaan Liturgi 30 Juni 2019 Hari Minggu Biasa XIII Bacaan Injil Lukas 9:51-62

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/209590356536797?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.