Inspiration

Makna Latihan Praktik Rohani dan Tujuannya Adalah Kian Bersatu Mesra dengan Tuhan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Setiap praktek kesalehan bukanlah tujuan itu sendiri dalam hidup rohani kita. Itu disebut latihan praktik rohani. Praktik latihan rohani berorientasi pada tujuan akhir yakni kehidupan spiritual. 

Referensi pihak ketiga

Dalam tradisi Katolik, tujuan akhir latihan praktik rohani adalah penyatuan diri dengan Kristus. Untuk itu, Kristus bahkan melepaskan para murid-Nya dari aturan yang berlebihan dalam kehidupan spiritual mereka, agar tidak kehilangan Allah sebagai subyek orientasi yang tepat. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kebanggaan spiritual dapat tumbuh secara halus pada orang-orang yang mengambil bentuk pengabdian atau asketisme demi kepentingan mereka sendiri. Ini berbahaya sebab akan menjerumuskan seseorang pada arogansi rohani yang lalu mengandalkan kekuatan diri sendiri. Maka, kita harus melihat pada tujuan akhirnya yakni kian serupa dengan Kristus dan melaksanakan kehendak-Nya. 

Jika latihan praktik spiritual tidak menuntun kita untuk menghayati kehendak Tuhan dan kehadiran-Nya dengan lebih penuh kasih, maka itu tidak ada gunanya bagi kita. Semuanya hanya sia-sia dan fana belaka! Itulah makna dari Injil yang diwartakan kepada kita.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 06/7/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Bacaan Liturgi 06 Juli 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa XIII Bacaan Injil Mateus 9:14-17

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3849443461534614?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.