Inspiration

Iman Harus Mendarat Membumi dalam Perbuatan Kasih Nyata Bukan Sekadar Kata-Kata

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Atas pertanyaan ahli Taurat, “Apa yang harus saya lakukan untuk beroleh hidup kekal (=diselamatkan)?” Inilah tanggapan Yesus. Tanggapan itu membuktikan pemahaman Katolik yang mendalam tentang kenyataan hidup kekal yang dimulai sejak masih hidup di dunia ini. Apa yang harus dilakukan?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

 Bisa jadi, dia mengharapkan tanggapan ini, “Percayalah, percayalah!” Namun Yesus sudah tahu bahwa pria ini memiliki iman. Yesus menegaskan bahwa iman tidak diragukan lagi untuk beroleh keselamatan, apa pun agama dan kepercayaan kita. Tetapi iman itu harus diterjemahkan menjadi cinta jika kita ingin memiliki kehidupan yang kekal. 

Maka, ketika Yesus berkata, “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat,” ia mengandaikan iman kepada Allah, penulis hukum moral. Tetapi juga, Yesus mengundang dia untuk menerapkan imannya dan untuk menjalankan hukum dengan cinta.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Iman dan perbuatan tidak terpisahkan. “Siapa pun yang berkata, ‘Aku kenal Dia,’ tetapi tidak menaati perintah-perintah-Nya, adalah pembohong, dan pada orang seperti itu kebenarannya tidak ada; tetapi siapa pun yang menepati janjinya, sungguh dalam diri orang ini cinta Tuhan telah mencapai kesempurnaan” (1 Yohanes 2: 4-5).

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Candi Borobudur, 14/7/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 14 Juli 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa XV Lukas 10:25-37

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2017680708401520?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.