Inspiration

Cinta Kepada Tuhan Mengatasi Segala Cinta Kepada Apa dan Siapa saja, Mengapa?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. ​Mungkin sabda Yesus berikut ini terasa aneh ya. Apa kira-kira maksudnya? Mari kita renungkan!​ Dengan sabda itu, apakah Yesus mau mengajarkan agar kita membenci orangtua kita? Tidak!

Referensi pihak ketiga

​”D​an musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya. Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari padaKu, ia tidak layak bagiKu; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari padaKu, ia tidak layak bagiKu​.”​ (Mat​eus​10:36-37)

Dengan ​sabda ini, kita mulai mendapatkan ​pengertian tentang jenis pedang yang dipakai ​Yesus dalam memurnikan motivasi hidup rohani dan iman kita. ​Yesus memberi kita kriteria yang dimulai dari surga ke bawah karena ​Yesus berusaha mengangkat kita dari bumi ke atas. Apa hubungan alami yang lebih dekat daripada hubungan antara orang tua dan anak, terutama ibu dan anak? Namun ikatan ini pun harus tunduk kepada cinta yang kita miliki untuk Tuhan. 

Referensi pihak ketiga

Mengapa? Ya, tidak ada makhluk, bahkan orang tua kita pun, yang dapat membawa kita kepada kepenuhan hidup dan kebahagiaan yang hanya datang dari Tuhan. Tuhan ingin kita mencintai-Nya. Ini bukan karena Tuhan membutuhkan cinta kita, tetapi karena kita membutuhkan cinta dan kasih-Nnya. 

Tuhan adalah sumber cinta obyektif. Kita harus selalu bergerak dari cinta yang subyektif ke cinta yang obyektif jika kita ingin memiliki kebenaran cinta kasih Tuhan dan damai sejahtera sejati yang disediakan oleh-Nya. Nah, Yesus mengundang kita untuk menyesuaikan standar kita dari yang manusiawi biasa menuju standar cinta yang Ilahi dan abadi.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 15/7/2019 »̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 15 Juli 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa XV Mateus 10:36-37

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3554656335693509?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.