Inspiration

Bolehkah Doa Islami Ini Dilantunkan di Universitas Katolik Soegijapranata? Jawabnya Boleh!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Mungkin ini untuk pertama kalinya terjadi sesudah perjalanan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Dalam rangka HUT (Dies Natalis) ke-37, Panitia yang diketuai oleh Prof Dr Ir Slamet Riyadi MT, menyelenggarakan malam tirakatan berupa selamatan. HUTnya tanggal 5/8/2019. Maka tirakatannya tanggal 4/8/2019.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Puncak acara selamatan itu adalah doa dalam bentuk Tahlilan yang dipimpin Pak Modin setempat, Taslim. Mengawali doanya, Pak Modin berkata, “Bolehkah doa Islami ini dilantunkan di Universitas Katolik Soegijapranata? Jawabannya: Boleh! Itulah sebabnya, malam ini kita semua hadir di sini untuk melakukannya.” Sesudah mengatakan hal itu, Pak Modin pun segera memimpin doa dengan beberapa tahapan diawali dengan membaca Surah Al-Fatekah. Jamaah yang hadir dari warga sekitar kampus pun menyahut bersama-sama dengan khidmat dan khusyuk.

Begitulah, Pak Modin memimpin doa tirakatan itu dengan penuh barokah. Saya sebagai pastor Katolik, yang bertugas menjadi Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata pun merasakan damai, barokah dan kesejukan yang mengalir dari penghayatan agama Islam yang rahmatan lil alamin. Sesudah itu dilanjutkan dengan santap bersama tumpeng berkat yang disiapkan oleh panitia.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Para Ibu warga setempat dengan gesit dan lincah turut membagi tumpeng-tumpeng yang ada bagi para hadirin sekalian. Yang hadir mulai dari anak-anak, remaja, orang muda, mahasiswa, hingga para orangtua. Selain jajaran Rektorat, sejumlah panitia, dosen dan tendik, juga hadir Ibu Kapolsek Gajah Mungkur Kompol Rochana Sulistyoningrum dan jajarannya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Cuplikan suasana tirakatan bisa disimak dalam youtube yang terlampir dalam tulisan ini. Semoga bermanfaat. Proficiat buat Panitia dan buat Unika.

Orisinil – Akun Aloys Budi Purnomo

Bagaimana menurutmu? Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 04/8/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Refleksi pribadi berdasarkan Malam Tirakatan Dies Natalis ke-37 Unika Soegijapranata Semarang

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1904444751378907?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.