Inspiration

Siapa Yang Terbesar dalam Kerajaan Surga dengan Naungan Para Malaikat-Nya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Bacaan Injil hari ini sangat menarik. Ada dua tema. Pertama, tentang siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Kedua, tentang kasih penggembalaan Yesus yang mencari domba yang hilang. Renungan ini akan memperhatikan bagian yang pertama, yakni Mateus.

Referensi pihak ketiga

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?” Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam namaKu, ia menyambut Aku.” Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah BapaKu yang di sorga.” (Mat 18:1-5)

Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga? Anak-anak! Kita diangkat menjadi anak-anak Bapa Surgawi. Para malaikat menaungi kita dan selalu memandang wajah Bapa bagi kita, anak-anak-Nya.

Untuk membantu merenungkan gambaran tentang malaikat di surga yang menaungi kita sebagai anak-anak Bapa, mari kita perhatikan lukisan terkenal karya Raphael tentang Maria yang dikenal sebagai “Sistine Virgin”. Lukisan ini memiliki detail luar biasa yang segera menarik perhatian siapa saja yang mengamatinya.

Referensi pihak ketiga

Di bawah Sang Perawan Yang Terberkati, ada dua kerub kecil berpose unik. Malaikat adalah makhluk rohani yang sangat cerdas dan spiritual. Malaikat “selalu memandang wajah Bapa surgawi.”

Tugas para malaikat adalah untuk menjaga dan melindungi kita. Dengan gambaran itu hendak ditunjukkan kepada kita, betapa Tuhan sangat mencintai kita masing-masing. Jiwa dan hidup kita sangat berharga bagi Bapa, maka para malaikat selalu menaungi kita dan begitulah anak-anak Bapa Surgawi menjadi yang terbesar di hadapan-Nya.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurutmu? Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 13/8/2019 

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 13 Agustus 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa XIX Bacaan Injil Mateus 18:1-5.10.12-14

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4335305664058130?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.