Inspiration

Gadis Ini Dipilih Allah Menjadi Bunda Yesus Dikuduskan dan Dia Pun Diangkat ke Surga!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Menurut penanggalan Litrugi Gereja Katolik Universal, hari ini adalah Hari Raya Bunda Maria Diangkat ke Surga dengan mulia. Dalam dua kata bahasa Latin disebut Maria Assumpta. Gereja Katolik Indonesia sudah merayakannya secara resmi pada tanggal 11 Agustus yang lalu sebagai sebentuk adaptasi. Namun, di gereja-gereja atau tempat ziarah yang bernama Maria Assumpta seperti Gua Maria Kerep Ambarawa, hari inilah tepatnya perayaan liturgis itu diselenggarakan.

Referensi pihak ketiga

Sukacita Maria Assumpta sebenarnya sudah dimulai ketika Santa Perawan Maria menerima kabar bahwa dipilih Allah untuk mengandung dan melahirkan Yesus Kristus dari daya kuasa kasih Roh Kudus (Lukas 1:26–38). Peristiwa dan pestanya disebut Annunciatio (Annunciation) – dalam bahasa Latin (dan Inggris).

Sejak awal mula Allah telah menguduskan Santa Perawan Maria agar layak dipilih menjadi Bunda Yesus. Dengan setia, Santa Perawan Maria menerima dan menjalani serta menjalankan tugas perutusan itu. Maka, sebagai buah sulung penebusan Sang Putra, Santa Maria diangkat ke surga dengan mulia, Maria Assumpta!

Referensi pihak ketiga

Dengan dasar-dasar pemahaman itu, Bapa Paus Pius XII menetapkan dogma Maria Assumpta dalam Munificentissimus Deus (MD, pada tanggal 1 November 1950. Itulah alasan kegembiraan besar di seluruh Gereja Katolik. Bunda Maria diangkat ke surga untuk berbagi dalam kemuliaan dan sukacita Putranya dan Tuhan Yesus Kristus, Sang Penebus dan Hakim Akhir Zaman.

Gereja Katolik selalu memandang Maria sebagai Ibu dan Ratu Surgawi. Itulah sebabnya, pada Hari Raya Maria Diangkat ke Surga ini kebahagiaan terus memenuhi kehidupan umat beriman, sebab segala bangsa yang menyebut Maria bahagia. Bunda Maria bersama Kristus, dan Bunda Maria adalah ibu kita lebih dari sebelumnya. Marilah kita mempercayakan diri kepadanya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Paus Yohanes Paulus II dalam motto hidupnya, “Totus Tuus” yang artinya, “sepenuhnya milikmu”! Kita pun sepenuhnya milik Santa Perawan Maria sebagai Bunda kita dan bersama Bunda Maria kita sampai kepada Tritunggal Mahakudus dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Per Maria ad Trinitatem in nomine Patris, et Filii et Spiritus Sancti, Amen.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut kamu? Semoga refleksi sederhana ini memberi inspirasi dan bermanfaat. Terima kasih berkenan membaca refleksi ini. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 15/8/2019 

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan:

1.Bacaan Liturgi 15 Agustus 2019 HR SP Maria Diangkat Ke Surga Bacaan Injil Lukas 1:39-56 dan

2. http:​ ​//w2.vatican.va/content/pius-xii/en/apost_constitutions/documents/hf_p-xii_apc_19501101_munificentissimus-deus.html

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/90481010395762?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.