Inspiration

Hukum Baru, Rahmat Baru, Meski Penuh Tantangan dalam Perkawinan, Bagaimana Mengamalkannya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pada zaman-Nya, Yesus memberikan Hukum Baru Kasih yang melandasari perkawinan yang suci, sakral dan sakramental. Hukum Baru Perkawinan yang tidak mengenal perceraian juga ditandai oleh rahmat baru bagi yang bersangkutan. Bagaimana mengamalkannya?

Referensi pihak ketiga

Ajaran Yesus tampaknya sangat kontra-budaya pada zaman-Nya. Hal yang sama masih relevan dan signifikan pada hari ini daripada di zaman-Nya sendiri.

Bagaimana Yesus bisa begitu berani dan meminta begitu banyak, padahal kita masih bekerja di bawah dosa yang sama, ketidaksempurnaan dan ketegaran hati seperti orang-orang zaman Musa dan zaman Yesus? Kuncinya adalah bahwa Yesus tidak hanya menambahkan Hukum Baru. Yesus juga membawa dan menganugerahkan rahmat baru untuk dapat hidup seperti yang dimaksudkan dan dikehendaki Allah.

Referensi pihak ketiga

Kata kuncinya adalah “Sejak awal mula, itulah kehendak Allah!” Artinya, sejak awal mula Allah menciptakan manusia, laki-laki dan perempuan tanpa dosa. Semua dalam keadaan baik seturut citra-Nya. Dosa belum memasuki dunia.

Yesus Kristus dapat meminta lebih banyak dari kita karena Dia sendiri membawa dan menganugerahkan rahmat bagi kita untuk menjalani hidup kita di hadapan Allah dengan cara yang baru. Dengan kasih karunia, kita dijadikan “pria baru (dan wanita) di dalam Kristus” dan diubah menjadi anak-anak Allah yang diberdayakan untuk hidup dalam kekudusan dan kebenaran penuh. Itulah dasar bagi semangat pengampunan, pemulihan dan persatuan daripada perceraian!

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut kamu? Semoga refleksi sederhana ini memberi inspirasi dan bermanfaat. Terima kasih berkenan membaca refleksi ini. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 16/8/2019 

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 16 Agustus 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa XIX Bacaan Injil​ ​Mateus 19:3-12

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/966281227992521?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.