Inspiration National

Mimpi Untuk Mewujudkan Impian Romo Y. B. Mangun Wijaya Pr.

Sumber https://www.youtube.com/watch?v=R4-n-3bOcps

Mengetuk Hati untuk Peduli: Fundraising Pembangunan Kompleks Sekolah Eksperimental Mangunan

“Dimana hati diletakkan disitulah proses belajar dan maju mulai”. Inilah quote Rm Mangunwijaya yang menyadarkan bahwa proses pembelajaran perlu adanya keterbukaan hati yang peka pada situasi yang dihadapi dan dialami. Sebenarnya, proses membangun, memperjuangkan sesuatu hal juga perlu hati yang tergerak dan peduli sehingga ada semangat dan komitmen untuk menjalankan dan mengupayakan. Ajak Rm Mangun tersebut juga kami gunakan untuk mengetuk hati semua pihak yang peduli untuk pembangunan kompleks Sekolah Eksperimental Mangunan.

Sekolah Dasar Eksperimental Mangunan didirikan oleh Rm YB. Mangunwijaya, Pr sebagai proses eksperimentasi pada pendidikan humanis sejak tahun 1994. Proses pembelajaran eksperimental, memberikan para siswa pemikiran dan keterampilan untuk menjadi manusia yang memiliki kemampuan menjalani kehidupan yang kompleks saat ini.

Sejak sekolah didirikan untuk pertama kalinya, proses pembelajaran dilakukan di rumah sewaan. SD Eksperimental Mangunan yang mulai aktif sejak 1994, saat ini memiliki 12 kelas (dua paralel). Taman Kanak-kanak didirikan sejak 2011 dengan dua kelas paralel TK A dan B serta SMP sejak 2017 dengan dua kelas paralel. Pada akhir 2014, kegiatan belajar TK dan SD menempati lima rumah sewaan yang akan berakhir masa sewanya dan tidak dapat diperpanjang lagi karena beberapa alasan. Sejak saat itu, Yayasan menyewa tanah kas desa Kalitirto sampai sekarang. Untuk menjamin kelangsungan sekolah, Yayasan berencana untuk mengembangkan tempat belajar permanen di lahan baru di Pedukuhan Cupuwatu, Purwomartani Kalasan.

Bentuk dan pengaturan lokasi direncanakan untuk mendukung proses pembelajaran yang mengembangkan siswa untuk menjadi manusia yang eksploratif, kreatif dan integral. Sebagai contoh, tidak hanya memperkenalkan teknologi melalui pengalaman sehari-hari, tetapi juga memperkenalkan rumah-rumah tradisional jawa seperti Limasan, Kampung dan Joglo. Detail eksterior dan interior dirancang sebagai sumber belajar dan media untuk komunitas pembelajaran. Bahan bangunan mewakili kekayaan, nilai, dan kearifan lokal.

Sekolah Eksperimental Mangunan adalah bagian dari Yayasan Dinamika Edukasi Dasar yang merupakan salah satu karya Keuskupan Agung Semarang di bidang pendidikan. Melalui karya Dinamika Edukasi Dasar, Keuskupan Agung Semarang menjawab keprihatinan yang muncul dibidang pendidikan.

mimpiRomoMangun #keuskupanagungsemarang #yayasandinamikaedukasidasar

Sumber KOMSOS Keuskupan Agung Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.