Referensi pihak ketiga

Sahabat Peradaban Kasih UC News yang terkasih. Kasih itu bagian utama dalam kehidupan kita. Tanpa kasih, apa pun yang kita lakukan, sedahsyat apa pun, sia-sia belaka! Laksana tong kosong berbunyi nyaring. Ternyata St. Paulus mendefinisikan kasih dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama terdiri dari 4 definisi positif. Kelompok kedua terdiri dari 8 definisi negatif (dalam arti menggunakan kata “tidak”). Namun baik definisi positif maupun negatif menurut hematku sama pentingnya sekaligus sama-sama sulitnya untuk dilakukan.

Referensi pihak ketiga

Empat definisi positif adalah sebagai berikut. 1. Kasih itu sabar. 2. Kasih itu murah hati. 3. Kasih menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. 4. Kasih bersukacita karena kebenaran.

Referensi pihak ketiga

Delapan definisi negatif adalah sebagai berikut. 1. Kasih tidak cemburu. 2. Kasih tidak memegahkan diri dan tidak sombong. 3. Kasih tidak melakukan yang tidak sopan. 4. Kasih tidak mencari keuntungan diri sendiri. 5. Kasih tidak pemarah. 6. Kasih tidak menyimpan kesalahan orang lain. 7. Kasih tidak bersukacita karena ketidakadilan. 8. Kasih tidak berkesudahan.

Referensi pihak ketiga

Nah, entah definisi positif entah definisi negatif, manakah yang sudah Anda hayati dalam hidup sehari-hari? Mungkin baik kita coba per hari satu, maka hidup kita akan menjadi tanda peradaban kasih dalam hidup bersama. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Elizabeth Semarang, 14/4/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi oleh 1 Korintus 13:4-8

Sumber https://c.uctalks.ucweb.com/detail/19625c0b998b4dce93dd4a5365aa88dc?lang=indonesian&uc_param_str=dnnivebifrmintcpgieiwidsudsvssnwpflamtch&stat_entry=personal&entry1=shareback1&entry2=page_share_btn&comment_stat=1&uc_news_item_id=1058029325530950