Inspiration

Mari Belajar Berubah Menjadi Baik!

Setiap orang merindukan perubahan menjadi kebaikan, baik secara pribadi maupun bersama. Sekurang-kurangnya ada sepuluh prasyarat yang harus dipahami. Apa itu?

Pertama-tama, diperlukan iman kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai yang mengasihi. Tuhan terbuka dan peduli kepada kita dan dunia kita. Kedua, kita perlu terus-menerus membangun relasi dengan Tuhandalam doa dan ibadah kita, apa pun agama dan kepercayaan kita. Ketiga, dibutuhkan komitmen mencari kehendak Tuhan dalam liku-liku kehidupan kita.

Tiga hal itu menyangkut relasi kita dengan Tuhan Yang Maha Esa, Maha Kasih dan Maha Peduli kepada kita. Maka, kita pun diajak untuk terus membiarkan Tuhan membentuk diri kita.

Saat aku diminta para budayawan Kabupaten Semarang berdoa demi keselamatan semesta alam. Pemilik hak cipta (Dok Pribadi)

Saat aku bersama para tokoh lintasagama Jawa Tengah di Semarang berdoa berdialog dan berdoa bersama untuk kerukunan bangsa. Pemilik hak cipta (Dok

Prasyarat keempat, menyadari gerakan-gerakan batin yang jernih sebagaimana tampak dalam gagasan, perasaan, kerinduan, dan pilihan-pilihan kita demi kebaikan diri sendiri maupun bersama. Kelima, penting memahami dan menyadari realitas sosial, dunia dan lingkungan masyarakat kita yang terungkap dalam sikap peka menangkap tanda-tanda zaman. Keenam, kemerdekaan batin dari ketakutan, kecemasan, prasangka, dendam kesumat dan luka-luka batin.

Ketujuh, kerendahan hati dalam ketergantungan pada Allah dan keterbukaan bimbingan Roh Kudus. Kedelapan, kasih persaudaraan yang berorientasi kepada orang lain, bukan kepada diri sendiri, ditandai oleh hati yang mengampuni, berbelas kasih dan tidak menghakimi. Kesembilan, terkait dengan itu, kerelaan bekerjasama dengan paradigma positif kepada siapa saja. Kesepuluh, keberanian menghadapi dan menempuh risiko.

Semoga kita bisa terus mampu dan mendapat rahmat mengalami perubahan menuju kebaikan, setelah memperhatikan kesepuluh hal yang menjadi prasyarakat mengalami perubahan menuju kebaikan. Salam inspirasional. Tuhan memberkati.***

Gambar sampul: Saat aku diminta berdoa bersama para budayawan untuk keselamatan alam semesta. Sumber Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1587200901488485?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.