Inspiration

Saling Belajar Menatap Perubahan, Teladan Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo

Ini adalah catatan inspiratif yang kubuat saat kami para Romo Projo Keuskupan Agung Semarang mengadakan Studi Bersama. Catatan untuk hari pertama dan kedua pagi sudah dilansir di beritasatu.com (26/9/2017) dan di c.uctalks.uceweb.com (27/9/2017). Berikut ini merupakan catatan Hari kedua studi bersama para Romo Projo Keuskupan Agung Semarang (Selasa 26/9/2017), sebelum dan sesudah minum. Ada dua narasumber yang memperkaya wawasan kami. Narasumber pertama adalah Romo R. “Inug” Nugroho Budisantosa SJ. Narasumber kedua adalah Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo. 

Konteks, Wacana dan Pengalaman

Dengan penuh semangat dan berkobar-kobar, Romo Inug SJ memberikan kerangka analitis atas tema studi kami. Beliau mengajak kami untuk masuk dalam konteks, wacana dan pengalaman yang ada. Menurut Romo Inug, tema studi “Para Romo Projo Keuskupan Agung Semarang Menjadi Teman Seperjalanan Umat dalam Menghadapi Perubahan Zaman” sudah menjadi seperti suatu deklarasi antara kenyataan dan impian. Ada pengharapan yang dibangun melalui tema itu yang bersumber dari disrupsi belarasa.

Sebagaimana diserukan dan dilakukan oleh mendiang Justinus Kardinal Darmayuwono Pr, itulah yang disebut sikap peka menyatu dan berjalan bersama. Tiga hal harus direnungkan. Pertama, peran seperti apa yang bisa diberikan para Romo? Kedua, masyarakat macam apa dan dalam kondisi seperti apa yang ditemani? Ketiga, perubahan seperti apa yang dimimpikan?

Untuk itu, perlulah dimengerti konteks, wacana dan pengalaman yang ada. Tujuannya melakukan aktivitas terbaik di antara pilihan-pilihan yang ditentukan. Itulah yang disebut kerangka CDEFG (context, discourse, experience, favoured choices, geared activities). 

Sharing dan Teladan Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo

Hasto Wardoyo, sebagai Bupati Kulon Progo menyejahtrakan rakyat di daerahnya dengan strategi nasionalisme ekonomi dan bela pribumi. Kulon Progo bukanlah daerah yang jadi sorotan media. Bukan kota besar seperti Bandung, Surabaya, apalagi Jakarta. 

Para Romo Projo Keuskupan Agung Semarang yang mengikuti Hari Studi Unio KAS memperhatikan Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo. Pemilik hak cipta (Sumber: Dok Pribadi)

Namun, walau tanpa sorotan media, Hasto Wardoyo, telah meletakkan spirit kemandirian sebuah bangsa. Ia mengajak warganya keluar dari kemiskinan, dengan kekuatannya sendiri. Hasto memulai dengan gerakan bela dan beli Kulon Progo. 

Misalnya, ia mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan para pelajar dan PNS di sana mengenakan seragam batik Geblek Renteng – batik khas Kulon Progo – pada hari tertentu. Ternyata, dengan jumlah 80.000 pelajar dan 8.000 PNS, kebijakan ini mampu mendongkrak industri batik lokal. Sentra kerajinan batik tumbuh pesat, dari hanya 2 menjadi 50-an. Seribuan perajin batik Kulon Progo yang biasanya bekerja di Yogyakarta, kini bisa bekerja di Kulon Progo. Dana ratusan miliar rupiah dari usaha kecil ini pun berputar di Kulon Progo.

Hasto juga berusaha menjamin pendapatan petani lokal, dengan mewajibkan setiap PNS membeli beras produksi petani Kulon Progo, 10 kg/bulan. Bahkan raskin yang dikelola Bulog setempat, kini menggunakan beras produksi petani Kulon Progo. Ia juga membuat PDAM setempat mengembangkan usaha, dengan memproduksi air kemasan merk AirKu (= air Kulonprogo ). Saat ini, AirKu mampu menguasai seperempat ceruk pasar air kemasan di Kulon Progo. Masih banyak hal lain yang dikembangkan Bupati ini mengembangkan prinsip “bela, beli, berdayakan Kulon Progo”.

Begitulah kami para Romo Projo KAS saling belajar menjadi teman seperjalanan bagi umat dan masyarakat menatap perubahan zaman. Sekali lagi tujuannya hanya satu, membangun dan mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya.***

Gambar Sampul: Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo saat berbagi pengalaman di hadapan para Romo Projo Keuskupan Agung Semarang dalam Studi Bersama Unio KAS. Sumber: Dok Pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/952339702524046?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.