Inspiration

Deklarasi Unika Soegijapranata untuk Pancasila dan Indonesia

Ada satu aksi yang tak boleh dilupakan saat Universitas Katolik Soegijapranata Semarang menyelenggarakan kuliah umum tentang Pancasila (Senin, 02/10/2017). Di penghujung acara, ribuan mahasiswa-mahasiswi yang hadir dalam kuliah umum tersebut menyerukan Deklarasi Unika Soegijapranata untuk Pancasila dan Indonesia.

Saya dan Pak Oki, sebagai anggota The Soegijapranata Institute (TSI) Unika Seogijapranata Semarang mempersiapkan draft rumusan deklarasi tersebut. Kawan-kawan Tim TSI yang diketuai oleh Theo Sudimin membaca, mengoreksi dan menyempurnakan draft tersebut yang kemudian secara definitif kami tetapkan sebagai Deklarasi Unika Soegijapranata untuk Pancasila dan Indonesia.

Ketika saya mempersiapkan diri menjadi moderator kuliah umum sesudah merumuskan draft Deklarasi Unika Seogijapranata untuk Pancasila dan Indonesia. Pemilik hak cipta (Sumber: Dok Pribadi)

Demikian rumusan selengkapnya deklarasi tersebut: “Bersama segenap komunitas civitas akademika Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, kami, mahasiswa-mahasiswi bertekad: Pertama, menjunjung tinggi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kedua, menggunakan segala bakat dan kemampuan untuk membela martabat kemanusiaan. Ketiga, menjaga keberagaman dalam kasih dan semangat persatuan di kampus dan seluruh wilayah Indonesia. Keempat, menolak berbagai bentuk kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila termasuk intoleransi, radikalisme, komunisme, separatisme dan terorisme di lingkungan perguruan tinggi. Kelima, menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kebidupan sehari-hari melalui perilaku berintegritas, adil, jujur, anti korupsi dan anti minuman keras dan obat-obat terlarang. Semarang, 02 Oktober 2017”

Deklarasi tersebut dibaca bersama dengan penuh semangat. Dengan deklarasi itu, tentu kita semua berharap, semoga kampus-kampus apa pun menjadi ruang untuk mengembangkan kehidupan bersama dalam bingkai ke-Indonesia-an dalam warna keberagaman.

Itulah, satu momen yang pantas disyukuri dan diwartakan dalam rangka menguji Pancasila dalam konteks keberagaman. Semoga bermanfaat dan menjadi berkat bagi umat dan masyarakat.***

Gambar sampul: Ketika saya mempersiapkan diri memoderatori kuliah umum sesudah merumuskan draft Deklarasi. Sumber: Dok Pribadi.

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4273057409414582?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.