Inspiration

Pentas Seni Budaya Kolaborasi Universitas San Carlos Filipina dan Unika Soegijapranata

Jumat malam (20/10/2017), kami menyelenggarakan pentas seni dan budaya di Gedung Theater St. Thomas Aquinas Unika Soegijapranata Semarang. Kami adalah sejumlah mahasiswi-mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata dan sepuluh mahasiswi-mahasiswa Universitas San Carlos, Cebu, Filipina serta saya sendiri.

Dekan FEB, Sentot Suciarto A. PhD dan Dr. Oct. Digdo Hartomo (Oki) mendampingi mahasiswi-mahasiswa FEB. Dr. Corazon Anzano mendampingi rombongan dari Filipina. Saya diundang secara khusus untuk menyemarakkan suasana pentas seni budaya itu untuk memainkan saksofon dan menyanyikan lagu-lagu demi menyambut dan menghibur para tamu.

Foto-foto yang menjadi gambar sampul dan ilustrasi artikel ini adalah foto-foto yang diambil panitia dengan menggunakan perangkat androidku. Terima kasih kepada panitia yang membantu mengambil gambar tersebut sebagai dokumentasi pribadi sehingga bisa kupergunakan untuk ilustrasi tulisan ini.

Kumainkan saksofon dan lantunkan lagu Amazing Grace dan Wo Reng Rang Yong Yuan Ai Zhe Yesu. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Pada kesempatan itu, saya memainkan dua buah lagu. Lagu pertama dalam bahasa Inggris berjudul “Amazing Grace”. Lagu kedua dalam bahasa Mandarin berjudul “Wo Reng Rang Yong Yuan Ai Zhe Yesu”. Baik saat menyanyikan lagu pertama maupun lagu kedua dengan melantunkan vokal maupun meniup saksofon, kuajak semua yang hadir bernyanyi sejauh mereka bisa melakukannya.

Mereka menampilkan tarian, gerak dan lagu sesuai dengan keunikan masing-masing. Yang dari Filipina dengan keunikan Filipina. Yang dari Unika dengan keunikan Unika Soegijapranata. Tak ketinggalan, nyanyian dan tarian “Gambang Semarang” dilantunkan dan dihidangkan. Kami tak hanya saling tampil melainkan juga tampil bersama-sama dalam sukacita dan keakraban membangun semangat persaudaraan.

Mahasisiwa FEB Unika Soegijapranata menarikan Gambang Semarang. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Begitulah, suasana semarak pentas seni dan budaya itu terjadi. Berhubung saya sudah merasa lelah sebab sejak pukul 07.00 wib sudah ngantor dan mengajar pada pukul 07.30-09.30 serta malamnya mengajar lagi pukul 17.30-20.30, dan saya baru bisa bergabung dalam pentas seni budaya itu seusai mengajar pukul 20.30 tersebut, maka, saya mohon ijin untuk meninggalkan acara yang belum selesai.

Sebagian peserta dan pendamping dari FEB Unika Soegijapranata dan Universitas San Carlos Filipina berfoto bersama. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

“Yes Father. Thanks a lot for your performance! So amazing as your song!” sahut Dr. Corazon saat saya berpamitan kepadanya. Dia dan rombongannya merasa terkesan dengan kebersamaan seni dan budaya serta sambutan Unika Soegijapranata atas kehadiran mereka. Semoga kerja sama itu terus berlanjut di masa-masa mendatang.***

Gambar sampul: Saat daku memainkan saksofon di hadapan para peserta pentas seni dan budaya kolaborasi FEB Unika Soegijapranata dan Universirtas San Carlos Filipina. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3014157801336537?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.