Inspiration

FAD Unika Soegijapranata Merayakan Pesta Emas

Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata Semarang merayakan pesta emas (01 November 1967 – 01 November 2017). FAD menjadi cikal bakal keberadaan Unika Soegijapranata. Unika Soegijapranata sendiri tahun ini baru berusia tiga puluh lima tahun sebagai universitas. Para perintis FAD yang menjadi cikal bakal kelahiran Unika Soegijapranata di kemudian hari merasa bersyukur dan terharu, bahwa FAD Unika Soegijapranata mencapai usia emas. Salah satunya, hal itu diekspresikan oleh Prof. Dr. Agnes Widanti SH yang hadir dalam perayaan syukur pesta emas FAD (Sabtu, 04/11/2017).

Mgr. Robertus Rubiyatmoko dan Prof Dr Agnes Widanti sebagai salah satu sesepuh Unika Seogijapranata Semarang. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Menandai rasa syukur itu, berbagai kegiatan diselenggarakan, baik di luar kampus maupun di dalam kampus. Kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus antara lain berupa pameran karya, foto dan pentas musik jazz di Gedung Monod Huis Kota Lama. Pameran ini berlangsung dari tanggal 01-4 November 2017.

Sebagaimana dilansir dalam laman news.unika.ac.id (Kamis, 02/11/2017), Dra. B. Tyas Susanti, MA, PhD selaku Dekan FAD mengatakan bahwa lima puluh tahun merupakan perjalanan yang cukup panjang. Dalam lima tahun itu, FAD telah melahirkan banyak alumni dengan karya-karya yang luar biasa.

Menurut Santi, dalam rangka itulah dilaksanakan pameran karya-karya alumni dan karya mahasiswa yang memperoleh penghargaan dari berbagai kompetisi. Ditampilkan pula dokumentasi foto perjalanan lima puluh tahun FAD sejak saat Unika berdiri. Pada awalnya bernama Unika Atmajaya Cabang Semarang. Dalam perjalanan waktu, Unika Atmajaya Cabang Semarang berganti menjadi Institut Teknologi Katolik Semarang (ITKS). Di kemudian hari, ITKS berubah menjadi Unika Soegijapranata seperti sekarang ini. Semula berada di Jl, Pandanaran, dan kini berada di Bendanduwur Semarang.

Sementara kegiatan yang dilaksanakan di dalam kampus berupa aksi pembuatan sketsa dan perayaan syukur Ekaristi Dies Natalis (Sabtu, 04/11/2017). Perayaan Ekaristi dilaksanakan secara konselebrasi oleh Bapak Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai selebran utama, didampingi oleh Romo V. Yudho W Pr (Ketua Komisi Kerasulan Mahasiswa Semarang) dan saya sendiri sebagai Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata.

Bapak Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko memimpin Misa Syukur Pesta Emas FAD Unikas Soegijapranata. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Dalam kesempatan Misa Syukur Pesta Emas tersebut, Mgr. Ruby mengucapkan syukur dan terima kasih kepada para perinstis. Mgr. Ruby juga mengajak semua pihak untuk selalu bangga dan maju secara kreatif dan bijaksana. Kreativitas dan kebijaksanaan akan membuahkan karya-karya yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat.

Sementara itu, Ir. Afriyanto Sofyan ST. B, MT, yang menjadi Ketua Panitia Perayaan 50 Tahun FAD menegaskan, kesempatan pesta emas ini menjadi saat yang baik untuk tetap mengenang perjalanan sejarah Unika Soegijapranata yang selalu mengusung prinsip universalitas dan humanitas. Sofyan yang merupakan alumnus dan sekaligus dosen FAD Unika Soegijapranata juga mengatakan, “FAD harus maju untuk membantu pembangunan masyarakat. Perlu dikembangkan arsitektur yang option for the poor. Masyarakat kecil harus mendapat perhatian.”

Selamat dan proficiat atas pesta emas FAD Unika Seogijapranata. Semoga menjadi berkat bagi umat dan masyarakat.***

Gambar sampul: Mgr. Robertus Rubiyatmoko dan Prof. Dr. Agnes Widanti, salah satu sesepuh di Unika Seogijapranata Semarang. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2924707768461621?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.