Inspiration

Goresan Pertama Bapa Uskup, Saya Goresan Kedua, Selanjutnya Dadang Sketser

Ada yang unik dalam rangkaian perayaan pesta emas Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata Semarang (Sabtu, 04/11/2017). Gambaran umum mengenai rangkaian perayaan tersebut dapat dibaca selengkapnya pada laman http://tz.ucweb.com/11_1N3YZ ini. Nah, yang kukisahkan dalam artikel berikut ini merupakan salah satu detil adegan unik terkait dengan goresan-goresan skesta di salah satu halaman dekat Kapel St. Ignatius Unika Soegijapranata.

Di bawah sinar matahari yang belum terlalu panas menyengat, Ketua Komunitas Arsisketur Indonesia, Juddy Prasinto mengatakan, “Dalam rangka dies natalis FAD Unika Soegijapranata, Komunitas Arsitektur Indonesia yang di Semarang mendukung acara ini dengan menggelar ekspo 50 sketser. Mereka terdiri dari komunitas Semarang sketwork, Oratoret, dan Raden Saleh.”Mgr. Ruby menorehkan satu goresan pada papan. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Juddy juga mengatakan bahwa tema materi sketsa adalah medan lokasi kampus Unika Soegijapranata. Yang menarik adalah ini. Panitia mempersilahkan, Mgr. Robertus Rubiyatmoko untuk menorehkan satu goresan pada papan sketsa urutan nomor 01. Selanjutnya, saya pun dipersilahkan melanjutkan goresan Bapak Uskup Agung Semarang tersebut dengan satu goresan pula. Sesudah itu, Dadang Sketser Semarang melanjutkan goresan tersebut menjadi sketsa lengkap, entah apa pun jadinya nantinya.

Mas Dadang menjadikan goresan kami menjadi skesta Mgr. Albertus Soegijapranata, Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Sesudah menorehkan goresan-goresan tersebut, kami melangkah meninggalkan lokasi untuk mempersiapkan diri merayakan Ekaristi di Kapel St. Ignatius. Sesudah perayaan Ekaristi selesai, kami kembali melihat goresan-goresan kami itu. Ternyata, goresan itu oleh Mas Dadang Sketser, sudah disempurnakan menjadi sebuah sketsa Mgr. Albertus Soegijapranata, Pahlawan Nasional, Uskup Agung Semarang pertama, dan patron Universitas Soegijapranata Semarang. Saat menyaksikan goresan garisnya sudah berubah menjadi Mgr. Albertus Soegijapranata, Bapak Uskup Agung Semarang pun dipersilahkan memberikan roh dengan sekali lagi menorehkan goresan pada skesta tersebut.

Mgr. Ruby menorehkan “roh” pada sketsa Mgr. Albertus Soegijapranata. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Itulah satu sisi keunikan perayaan pesta emas FAD Unika Soegijapranata. Menurut Leonardo Sapto Anggoro – akrab dipanggil Lebon – yang menjadi Ketua Panitia Sketser, selain 50 sketser dari tiga komunitas yang sudah kusebutkan tadi, hadir pula sekitar 100 peserta life skets pada kesempatan itu. Mereka tersebar secara bebas di sekitar kampus Unika Soegijapranata untuk mengambil sketsa secara bebas pula.

Puji Tuhan, saya boleh berfoto dengan Mas Dadang Sketser. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Lebon juga mengatakan bahwa para peserta sketsa tersebut sebagian besar merupakan komunitas yang setiap Sabtu berkumpul dan membuat sketsa tentang apa pun, dengan tema apa pun. Dengan itu, Lebon berharap, komunitas ini terus mendapat ruang untuk berkarya dan mengekspresikan gagasan dan mimpi mereka melalui berbagai skesta yang dibuat.

Selamat berkarya Bro! Terima kasih, kami boleh menorehkan goresan-goresan acak yang ternyata dapat disempurnakan menjadi sketsa Mgr. Albertus Soegijapranata! Maju terus dalam karya-karya sketsa, tak hanya skesta arsitektural melainkan juga kultural, bahkan spiritual!***

Gambar sampul: Mas Dadang Sketser dan saya. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3907865114881697?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.