Inspiration

Merayakan Sumpah Pemuda bagi Segenap Anak Bangsa

Mereka bersumpah

demi terwujudnya

tanah air satu Tanah Air Indonesia

bangsa yang satu Bangsa Indonesia

bahasa yang satu Bahasa Indonesia

sumpah yang terindah dalam sejarah

bukan sumpah serapah

melainkan sumpah bersejarah, Sumpah Pemuda…

Para tokoh Sumpah Pemuda adalah orang-orang muda yang cedas. Mereka memiliki sikap visioner yang melapaui sekat primordial suku, agama dan golongan. Mereka berpikir dan beetindak untuk Indonesia.

Aku bersyukur mengenang semua itu dalam Perayaan Ekaristi Sabtu sore (28/10/2017) pukul 16.30-17.30 di gereja St.. Antonius Muntilan. Kurasakan tema Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 diangkat sebagai intensi. Dalam pemgantar maupun homilinya, Romo Mardi Widayat SJ yang memimpin Perayaan Ekaristi sangat menggarisbawahi rasa syukur atas Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Syukur kepada Allah. Bagus! Lagu Bangun Pemudi-Pemuda dinyanyikan sebagai lagu pembuka mengiringi prosesi Imam dan para petugas menuju ke depan altar. Terasa indah, meski mungkin orang tertentu mengatakan tidak liturgis. Tapi menurutku sangat kontekstual tepat di Hari Sumpah Pemuda.

Foto ini kuambil sesaat sebelum perayaan dimulai, sebab aku duduk sebagai umat di bangku paling belakang. Inilah yang menjadi gambar sampul dan ilustrasi untuk artikel ini.

Sebagian umat yang hadir dalam Perayaan Ekaristi di gereja St. Antonius Muntilan dengan intensi merayakan Sumpah Pemuda bagi segenap anak bangsa. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Mari kita bangun semangat dan cinta ke-Indonesia-an yang bertanah air satu, Tanah Air Indonesia, yang berbangsa satu, bangsa Indonesia; yang berbahasa satu, bahasa Indonesia. Itulah pesan utama Sumpah Pemuda bahkan meski kala itu yang berkumpul dan mendeklarasikan Sumpah Pemuda berasal dari berbagai suku: Jawa, Sumatra, Sulawesi, Maluku, dan “Jong” lainnya. Sungguh luar biasa!

Terima kasih umat dan para romo Paroki St. Antonius Muntilan yang berkenan mengangkat tema Sumpah Pemuda dalam Ekaristi Suci. Terima kasih kepada anak-anak dan remaja yang bertugas menyemarakkan Perayaan Ekaristi dengan intensi merayakan Sumpah Pemuda bagi segenap anak bangsa. Aku sungguh menikmatinya dengan sukacita. Tuhan memberkati.****

Gambar sampul: Sebagian umat yang hadir dalam Perayaan Ekaristi dengan intensi merayakan Sumpah Pemuda bagi segenap anak bangsa. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3550861194134906?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.