Inspiration

Pentas Seni Budaya Tradisional Menutup Rangkaian Gelar Budaya 2017 di Muntilan

Setelah refleksi budaya dalam bentuk tarian kolosal anak-anak dan remaja (lihat dalam UC We-Media Rhttp://tz.ucweb.com/10_2XcwM yang terbit sebelum ini), rangkaian Gelar Budaya 2017 yang ditempatkan dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 ditutup dengan hidangan seni budaya pada sesi Pentas Budaya Tradisional, (Minggu siang, 29/10/2017), pukul 12.00 – 14.30 WIB. Karena keterbatasan waktu maka, hanya ditampilkan dua komunitas budaya tradisional. Keduanya adalah “Krida Turangga Mulya” dan “Satriya Budaya”.

Komunitas seni tradisional “Krida Turangga Mulya” berasal dari Balemulya, Balereja, Muntilan. Komunitas seni budaya tradisional ini hadir dalam alur Tarian Kuda Lumping. Mereka menampilkan lakon “Baladewa Kembar”. Sebanyak 20 penari, perempuan dan laki-laki menyemarakkan sajian mereka.

Salah satu formasi tarian Baladewa Kembar. Pemilik hak cipta. Pemotret: Lukas Awi Tristanto Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan. Sumber foto: Dok pribadi.

Dengan penuh semangat dan kegembiraan, mereka menari di bawah terik matahari yang kian menyengat. Mereka meliuk, melompat, berteriak dan menyajikan keindahan gerak tari berpadu dengan Kuda Lumping.

Sejumlah penonton yang kian siang kian bertambah banyak berlarian ketika beberapa penari kelihatan “ndadi“. Sementara yang lain, bahkan anak-anak dan remaja justru merasa terhibur oleh fenomena itu. 

Para penari Krida Turangga Mulya dan penonton. Pemilik hak cipta. Pemotret: Lukas Awi Tristanta, Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan. Sumber foto: Dok pribadi.

Menurutku, itulah sekadar “bumbu” dari atraksi seni budaya itu, bukan sebagai tujuan. Itulah bagian dari sisi hiburan di tengah kehidupan yang penat dan berat. Namun toh selalu ada jalan keluar yang bijaksana atas keadaan tersebut. Nyatanya, mereka yang “ndadi” bisa “disembuhkan” bahkan di antara mereka “saling menyembuhkan”. 

Salah satu formasi tarian Rampak Buto dalam Pentas Seni Tradisional di Muntilan. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Penampil kedua adalah komunitas seni budaya “Satriya Budaya” dari Bandongan, Gondosuli, Muntilan. Mereka sudah 17 tahun mengembangkan seni tradisional ini dengan memadukan tarian Rampak Buto dan seni Jathilan. Komunitas ini sudah mengalami tiga generasi dalam keluarga seni tradisional tersebut.

Ada dua belas penari. Kali itu yang ditampilkan laki-laki semua. Mereka bertopek wajah buto (raksasa) dengan berbagai variasinya. Mulai dari yang berwajah binatang hingga manusia raksasa.

Gerakan-gerakan lincah yang menuntut energi prima mereka sajikan. Kaki, tangan, kepala dan seluruh tubuh meliuk menari sesuai irama dengan iringan berbagai tembang dolanan berbasis budaya Jawa.

Dua penampil pentas seni budaya tradisional itu memberikan hiburan gratis kepada warga masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, orang muda dan dewasa dengan penuh antusias menyaksikan pertunjukan mereka hingga selesai.

Bersama para penonton, kunikmati pentas seni budaya tradisional di Muntilan. Pemilik hak cipta. Pemotret: Lukas Awi Tristanto, Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan. Sumber foto: Dok pribadi.

Tepat pada pukul 14.45.WIB, penampilan “Satriya Budaya” berakhir. Seiring dengan itu, berakhir pula seluruh rangkaian Gelar Budaya 2017 dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, sinergi berbagai komunitas dan komisi dari Dewan Karya Pastoral (DKP) Keuskupan Agung Semarang (KAS), khususnya MMM PAM, KKM, Kom HAK KAS dan Komsos KAS. 

Daruno dan Wigati sebagai pembawa acara mengucapkan terima kasih atas kebersamaan dan kehadiran warga masyarakat dalam rangkaian Gelar Budaya 2017 itu. Demikian pula daku. Kusalami mereka satu per satu dengan penuh rasa hormat dan syukur atas semangat dan kerja keras mereka. Sutikno yang menjadi ketua panitia pun berkata, “Terima kasih Romo menunggui dan menyertai kami hingga semuanya selesai….” Semoga betmanfaat.***

Gambar sampul: Bersama para penonton kunikmati pentas seni budaya tradisional di Muntilan (Minggu, 29/10/2017). Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4059522238681838?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.