Inspiration

Sinergi Kecepatan dan Kearifan dalam Karya

Sebagai Pasrtor Kepala Reksa Pastoral Kampus (Campus Ministry) Unika Soegijapranata Semarang, saya diundang untuk mengikuti sertijab para pejabat struktural Unika Seogijapranata (Kamis, 02/11/2017). Tugas saya pada kesempatan itu adalah membuka sertijab dengan doa dan menutupnya dengan berkat.

Rektor Unika, Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya didampingi para wakil rektor dalam sertijab pejabat struktural. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Ada satu kalimat penting yang mengesankan saya, yang disampaikan Prof. Dr. Frederik Ridwan Sanjaya MS.IEC, Rektor Unika Soegijapranata. Beliau mengatakan, “Perpaduan antara para pejabat lama dan baru, dalam usia muda dan usia tua, merupakan sinergi antara kecepatan dan kearifan dalam karya!” Dengan mengatakan hal itu, Guru Besar di bidang sistem informasi tersebut hendak mengajak para pejabat struktural yang lama dan yang baru saling bekerja sama. Yang muda memajukan karya dengan kecepatan. Yang tua menaungi karya dengan kebijaksanaan.

Beberapa pejabat lama memang diangkat kembali untuk tugas yang sama. Namun juga diangkat wajah-wajah baru untuk tugas yang berbeda dengan harapan, mereka dapat saling bersinergi dan saling melengkapi untuk memajukan karya pelayanan di Unika Soegijapranata.

Prof Ridwan sangat menggarisbawahi hal ini mengingat bahwa kita berada di zaman yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan sistem informasi yang serba cepat. Situasi ini juga menuntut tanggapan yang cepat dan tepat. Untuk itu, dibutuhkan wajah-wajah muda yang bisa berlari cepat bersama kemajuan zaman.

Namun, tetap pula dibutuhkan kebijaksanaan dan kearifan. Itulah sebabnya, dibutuhkan kehadiran yang sudah lebih senior untuk dapat memenuhi harapan tersebut. Sinergi yang muda dan yang tua menjadi sinergi kecepatan dan kearifan sehingga karya pelayanan di universitas kita dapat terhubung dengan semua pihak yang terkait, terutama masyarakat dan semua stake-holder kita.

Satu hal itulah, yang bagiku mengesankan, di saat mengikuti sertijab para pejabat struktural Unika Soegijapranata. Yang disampaikan Prof Ridwan tersebut sejalan dengan isi doaku yakni agar para pejabat struktural yang baru dianugerahi rahmat kepekaan demi mengembangkan seluruh bakat dan talenta mereka demi kepentingan seluruh warga bangsa dan umat manusia. Itulah pula motto Unika Soegijapranata, yakni talenta pro patria et humanitate, sesuai nasihat Mgr. Albertus Soegijapranata, “Pergunakanlah bakat dan talentamu untuk kemajuan bangsa dan kemanusiaan!”

Saya memimpin doa pembuka dalam sertijab pejabat struktural Unika Seogijapranata. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Selamat bertugas kepada para pejabat baru, maupun pejabat lama yang diangkat kembali untuk tugas yang sama. Gunakanlah bakat dan talenta Anda untuk kepentingan bangsa dan manusia, dalam sinergi antara kecepatan dan kearifan.***

Gambar sampul: Prof Dr F Ridwan Sanjaya didampingi para wakil rektor Unika Soegijapranata dalam sertijab pejabat struktural. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4183749044945144?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.