Inspiration

Talk Show Kebangsaan dan Keberagaman Unika Soegijapranata Semarang

Dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, Unika Soegijapranata Semarang menyelenggarakan talk show kebangsaan dan keberagaman (Senin, 30/10/2017), pukul 14.00 – 17.30. Tema talk show adalah “Kebangsaan di Dadaku, Kami Satu Indonesia.” Talk show dilaksanakan di Gedung Teater Thomas Aquinas. 

Dari kiri ke kanan: Dea Rizkita, Tedi Kholiludin, saya (Romo Aloys Budi) sebagai tiga pemateri dan Awang (moderator) talk show dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 di Gedung Teater Unika Seogijapranata. Pemilik hak cipta. Pemotret: Prof Dr F Ridwan Sanjaya. Sumber foto: Dok pribadi.

Tiga orang menjadi pemateri dalam acara ini, yakni Dea Rizkita, Tedi Kholiludin, dan saya sendiri, Aloys Budi Purnomo Pr. Moderatornya adalah Awang dari Ilmu Hukum dan Komunikasi Unika Seogijapranata. Sedangkan yang menjadi pembawa acara adalah Agung, dari Glory Unika Soegijapranata.

Talk show dibuka oleh Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya, Rektor Unika Soegijapranata. Dengan keramahan dan semangat Unika Connected, Ridwan hadir didampingi Dr. V Kristina, Wakil Rektor III yang menjadi inisiator kegiatan ini. Selain para mahasiswa Unika Seogijapranata, talk show ini juga dihadiri berbagai unsur komunitas yakni dari UIN Walisongo, Unwahas, UNES, Pelita, Hikmahbudhi, perwakilan dari Konghucu, dan Pasukan Garuda Nusantara (PGN) asuhan Gus Nuril.

Rektor Unika Seogijapranata, Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya dan Wakil Rektor III Dr V Kristina di antara para peserta talk show (paling depan berbaju batik). Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Pada kesempatan tersebut, para pemateri menyampaikan pandangan dan pengalaman terkait dengan membangun semangat kebangsaan dalam keberagaman. Tedi Kholiludin memberikan perspektif positif terkait dengan bonus demografi kita yang mesti menjadi modal bagi pembangunan hidup berbangsa dalam keberagaman. Sementara Dea, yang juga Putri Perdamaian 2017 mendorong agar kaum muda menjadi motor penggerak perdamaian dan kebaikan. Saya sendiri, memberikan motivasi dan pengharapan agar kaum muda berani mengambil inisiatif untuk hal-hal yang positif terkait dengan keberagaman melalui silaturahmi dan perjumpaan melalui jalur seni, budaya dan ekologi.

Sebagian peserta talk show dalam rangka Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 di Unika Soegijapranata Semarang. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Tedi juga menegaskan bahwa membangun persaudaraan dalam keberagaman demi keutuhan hidup berbangsa menjadi urgen saat ini bagi kaum muda. Sedangkan Dea mengajak kaum muda untuk tidak mudah termakan hoax yang memecah belah. Saya sendiri mengajak kaum muda untuk tetap memiliki cara pandang yang positif satu terhadap yang lain dan selalu bangga menjadi warga bangsa Indonesia.

Kecuali itu, ketiga pemateri sepakat untuk tetap menggelorakan semangat Sumpah Pemuda sebagai bekal dalam berkontribusi untuk membangun bangsa ini, apa pun dan di mana pun peranan kaum muda. Sikap inklusif perlu dikembangkan terus menerus dalam meretas ekslusivisme dan radikalisme.

Sebagian personil Gratia Choir Unika Soegijapranata Semarang menyemarakkan talk show Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Di penghujuang acara, para peserta talk show menikmati sajian dari Gratia Choir Unika Soegijapranata yang menyanyikan lagu-lagu kebangsaan. Selain Gratia Choir, kelompok musik budaya Kalimantan, Reformanda dan kawan-kawannya, turut menyemarakkan suasana acara ini.

Talk show ditutup dengan menyerukan deklarasi yang berisi tekad untuk menjadi keluarga bangsa yang utuh demi terwujudnya kesatuan dalam keberagaman; menjaga kerukunan dalam menghadapi masalah radikalisme; dan mewujudkan kembali semangat persatuan demi peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya, 100% religius-100% nasionalis.***

Gambar sampul: Dea Rizkita, Tedi Kholiludin, dan saya (kami bertiga sebagai pemateri) bersama Awang sebagai moderator. Pemotret: Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3004558102649357?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.