Inspiration

Misa Jumat Mengenang Pahlawan Nasional, Khususnya Mgr. Albertus Soegijapranata

Pada hari Jumat, 10 November 2017 yang lalu, tepat pada Hari Pahlawan Nasional, Campus Ministry Unika Seogijapranata menyelenggarakan Misa Jumat dengan intensi mengenang Pahlawan Nasional. Secara khusus, kami mengenang Mgr. Albertus Soegijapranata, yang juga seorang pahlawan nasional dan menjadi nama untuk Universitas Katolik satu-satunya di Jawa Tengah.

Foto Mgr. Albertus Soegijapranata. Referensi pihak ketiga Sumber: www.parokiku.org

Mgr. Albertus Seogijapranata adalah satu-satu Uskup dalam Gereja Katolik Roma yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional di Indonesia. Bahkan. penetapan sebagai pahlawan dilakukan tak lama sesudah kematiannya, oleh Presiden Ir. Soekarno. Hanya dalam waktu tak kurang dari sebulan sesudah kematiannya, bahkan dalam hitungan minggu, Soekarno menetapkan Mgr. Albertus Soegijapranata sebagai pahlawan nasional. Hingga hari ini, Mgr. Albertus Soegijapranata dimakamkan di Taman Makam Pahlawam Giritunggal Semarang.

Untuk mengenang jasa para pahlawan, khususnya Mgr. Albertus Soegijapranata itulah, maka Misa Jumat, 10 November 2017 diselenggarakan secara khusus dan istimewa. Ritus pembuka diawali dengan prosesi dari depan pintu utama (biasanya hanya dari pintu belakang samping sakristi), dengan petugas terdepan membawa foto Mgr. Albertus Soegijapranata. Sesudah itu dilanjutkan dengan pendupaan tanda kenangan keharuman akan jasa para pahlawan, khususnya Mgr. Albertus Soegijapranata.

Tampak dalam foto ini: Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya, Wakil Rektor II dan Sekretaris Unika Seogijapranata (tiga paling depan). Pemilik hak cipta

Dalam homili, saya menggarisbawahi peranan Mgr. Albertus Soegijapranata sebagai sosok pribadi yang berjuang melalui silent diplomacy di tingkat internasional demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Mgr. Albertus Soegijapranata telah menjadi sosok yang cerdik dan tulus demi kemerdekaan bangsa. Beliau mewariskan semangat nasionalisme dan religiositas melalui ungkapan: 100% Katolik, 100% Indonesia.

Ungkapan itu merupakan ajakan dan tantangan secara khusus bagi umat Katolik agar membaktikan hidupnya untuk bangsa. Menjadi Katolik sekaligus menjadi Indonesia. Ungkapan ini mengingatkan saya pada prinsip yang juga pernah diserukan oleh seorang tokoh ulama di negeri ini, yang dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Bergota Semarang, yakni KH Soleh Darat atau dikenal dengan sebutan Mbah Soleh Darat.. Beliau memiliki ungkapan hubbul wathon minal iman.

Menurut saya, baik ungkapan 100% Katolik, 100% Indonesia, maupun hubbul wathon minal iman, merupakan ungkapan agamis sekaligus nasionalis. Yang pertama dari sisi tokoh pahlawan nasional yang juga seorang Uskup, yakni Mgr. Albertus Soegijapranata. Yang kedua dari sisi tokoh ulama dan guru bangsa, KH Soleh Darat, guru para ulama hebat di negeri ini.

Sekarang ini, saya membahasakan ungkapan tersebut menjadi 100% religius, 100% nasionalis. Seratus persen religius, apa pun agamanya. Seratus persen nasional sebagai warga bangsa Indonesia dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Itulah permenungan yang bisa digali dalam rangka melanjutkan perjuangan para pahlawan kita. Itulah yang secara sederhana kami lakukan di Unika Soegijapranata bersama Campus Ministry. Pada kesempatan itu, saya mengajak semua yang hadir, mulai dari Bapak Rektor Unika Soegijapranata – Prof Dr Frederik Ridwan Sanjaya MSEIC – hingga koster kapel – Mbah Yoso – untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan kebanggaan kita: Indonesia Raya (seperti tampak dalam video yang sudah terbit pada laman http://tz.ucweb.com/11_2fCfK ini. Video juga bisa diakses di youtube melalui link <a href=”https://youtu.be/OPy6kMSRGVE” target=”_blank” data-saferedirecturl=”https://www.google.com/url?hl=en&q=https://youtu.be/OPy6kMSRGVE&source=gmail&ust=1510503408195000&usg=AFQjCNEv9-exmnmpCEvuTM8Ud7o1zvflZw”>https://youtu.be/OPy6kMSRGVE</a> ini.

Orisinil

Gambar sampul: Mgr. Albertus Soegijapranata – Uskup Agung Semarang pertama dan Pahlawan Nasional. Sumber foto: www.parokiku.org.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/865835987086392?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.