Inspiration

Dari HOMS ke MOMS, Apakah Itu?

Pemilik hak cipta

Apa itu HOMS? Apa itu MOMS? HOMS adalah singkatan dari Hari Orang Miskin Sedunia (HOMS). Sedangkan MOMS merupakan singkatan dari Minggu Orang Miskin Separoki. Rangkuman tentang HOMS sudah saya tulis dan bisa dibaca di http://tz.ucweb.com/11_2SsNh ini.

Kok separoki? Iya, karena ide tentang MOMS ini memang muncul di Paroki Kristus Raja Semesta Alam Ungaran. MOMS merupakan implementasi HOMS di tingkat paroki di Ungaran.Karenanya, HOMS akan terus berlanjut di Ungaran dengan MOMS. Kalau HOMS akan terjadi setahun sekali, MOMS di Ungaran akan terjadi setiap sebulan sekali, yakni pada hari Minggu ke-3.

Saat membacakan pesan Paus Fransiskus mengenai HOMS, Romo Yakobus Sudarmadi menerangkan, bahwa di Ungaran, kita akan mengenal MOMS. Huruf “S” bisa diisi apa saja. Bisa “separoki”, “selingkungan”, ‘sewilayah” atau bahkan “sekeuskupan”. Itu dari sisi teritorial gerejawi. 

Saya pun membayangkan, kalau mau dari sisi administrasi kemasyarakatan, maka MOMS bisa menjadi Minggu Orang Miskin “se-RT” atau ‘se-RW” atau “sedusun”, “sedesa”, “sekelurahan”, ” “sekecamatan” dan seterusnya. Intinya, ada momen dan gerakan untuk mengembangkan belarasa dan solidaritas kepada dan bersama orang miskin di sekitar kita.

Apa yang bisa dilakukan dalam rangka MOMS? Banyak! Misalnya, dalam konteks gerejawi (paroki), umat bisa mengembangkan sikap peduli dengan membawa sesuatu yang bermanfaat bagi sesamanya. Misalnya, anak-anak bisa membawa alat tulis baru yang bisa diberikan kepada yang membutuhkan. Boleh membawa pakaian pantas pakai. Boleh membawa segelas beras, gula, minyak atau apa pun. Semua dikumpulkan kepada petugas atau panitia, yang akan mengelolanya untuk diteruskan kepada yang membutuhkan.

Tentu, semua itu bersifat sukarela, ikhlas dan tanpa paksaan. Semangatnya adalah mengembangkan sikap berbagi dan peduli. 

Begitulah HOMS diimplementasikan secara kontinyu dalam MOMS. Siapa mau mengikuti jejak yang bagus ini? Silahkan. Atau, malah sudah lebih dahulu melakukannya? Bagus, terima kasih, lanjutkan!***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2278928989718174?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.