Inspiration

Menikmati Puisi Joko Pinurbo

Sesaat sebelum membacakan puisi Mas Yudhistira ANM Massardi, di kanopi Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah di Solo (Selasa, 21/11/2017), saya melihat seorang pemuda menjajakan beberapa buku. Mataku langsung tertuju pada sebuah buku yang menarik hatiku. Inilah buku itu.

Pemilik hak cipta

Buku itu adalah buku sastra, sehimpun puisi pilihan Joko Pinurbo. Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama itu berjudul “Selamat Menunaikan Ibadah Puisi”. Buku itu cetakan kedua, April 2017. Tak menunggu lama, saya langsung membeli buku tersebut.

Joko Pinurba – akrab dipanggil Jokpin – adalah satu satu penyair yang kuidolakan sejak saya masih di Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang (1984-1988). Kebetulan, kutemukan beberapa puisinya di majalah seminari kami, Aquila. Sesudah itu, saya selalu mengikuti puisi-puisinya, sejak kumpulan puisi perdananya diterbitkan, yang berjudul Celana (1999).

Puisi-puisinya sangat sederhana namun menghadirkan makna yang sangat mendalam. Ambillah contoh puisi sangat sederhana ini, namun sangat berkesan dalam jiwa rohaniku. Puisi itu berjudul “Di Atas Meja” yang dibuat pada tahun 1990.

Di atas meja kecil ini

masih tercium harum darahmu

di halaman-halaman buku.

Sabda sudah menjadi saya.

Saya akan dipecah-pecah

menjadi ribuan kata dan suara.

Puisi itu membawa jiwa rohaniku kepada sebuah sakramen yang bernama Ekaristi. Sebuah tanda dan sarana yang berupa roti dan anggur. Roti diambil dengan penuh syukur, diberkati dengan penuh iman, lalu dipecah-pecah dengan kerelaan, dan dibagi-bagikan dengan keikhlasan menjadi berkat untuk siapa saja yang berhak menerimanya.

Bagi saya, puisi itu menjadi penanda, sebuah kerinduan untuk selalu mengembangkan semangat berbagi. Namun agar bisa mengembangkan semangat berbagi, maka aku harus rela dipecah-pecah. DIpecah-pecah pasti tidak enak, bahkan bisa menyakitkan dan berdarah-darah. Namun darah itu terasa harum, dan dengan cara itulah, kita bisa saling menjadi berkah!***

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1768861830047810?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.